Tips Buka Laundry Sepatu, Untung Ratusan Juta!

Deny Andrianto

laundry sepatu
Sumber : thespruce.com

Beberapa tahun belakangan bisnis laundry tradisional semakin menjamur. Untuk mendapatkan keuntungan juga cukup sulit karena banyaknya kompetitor. Untuk Anda yang ingin mencoba terjun ke dalam bisnis mencuci, sebaiknya pikirkan jenis bisnis laundry yang lebih spesifik. Karena bisnis laundry yang spesifik membersihkan produk tertentu saja memiliki potensial market yang besar. Contohnya bisnis laundry sepatu, yang makin digemari banyak orang.


Apa Itu Laundry Sepatu?

Sepatu adalah salah satu barang yang menjadi kebutuhan utama yang diperlukan oleh manusia setiap harinya. Sepatu juga merupakan alas kaki kedua yang paling banyak digunakan oleh orang setelah sendal. Perkembangan jaman juga menjadikan fungsi sepatu juga mulai bergeser, yang dulunya hanya sebagai alas kaki, kini fungsi sepatu menjadi bagian pencitraan profesionalisme yang ditujukan dalam cara berpakaian atau gaya berbusana.


Prospek Bisnis Laundry Sepatu

Kompetitor

Kompetitor untuk bisnis yang lebih spesifik seperti laundry sepatu masih memiliki peluang yang besar, melihat kompetitor saat ini masih tidak terlalu banyak. Dan relatif jenis laundry ini baru berada di kota-kota besar. Anda dapat memanfaatkan potensi ini untuk membangun bisnis laundry sepatu dan memenangkan pasar.

Peminat Yang Makin Banyak

Bukan hanya untuk orang dewasa, namun target market bisnis laundry sepatu dapat merambat ke generasi millenian juga gen-z. Masyarakat ini sekarang telah “melek” beberapa brand sepatu yang terkenal seperti nike, adidas, asics, vans dan lain sebagaianya. Untuk membeli sepatu branded, tentu saja uang yang dikeluarkan tidak sedikit. Berkisar jutaan untuk membeli sepatu dengan merek tertentu. Harga sepatu yang mahal tentu saja tidak sembarangan untuk merawatnya, masyarakat akan memilih tempat yang lebih profesional untuk membersihkan sekaligus merawatnya, seperti laundry sepatu.

Hanya di Dominasi di Kota – Kota Besar

Para konsumen sepatu branded tersebar di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, Malang dan lainnya. Meskipun laundry sepatu relatif banyak di kota besar, namun tingkat persaingan masih relatif mudah. Karena jumlah laundry sepatu masih tidak banyak seperti laundry biasa. Potensi yang besar terdapat pada kota yang tengah berkembang.

Resiko Usaha Laundry Sepatu

  • Resiko bisnis cuci sepatu yang pertama adalah banyak masyarakat yang belum keberadaan dan manfaat dari adanya usaha cuci sepatu. 
  • Cara merawat dan membersihkan sepatu sangat variatif tergantung dari bahan pembuatan sepatu itu sendiri. Perawatan sepatu kulit, tentu saja berbeda dengan perawatan sepatu canvas.
  • Lokasi. Berhati-hatilah dalam memilih lokasi cuci sepatu. Kesalahan identifikasi target market maka akan menghancurkan bisnis Anda. Bisnis cuci sepatu memiliki target market yang spesifik. Riset tentang konsumen perlu dilakukan sebagai bentuk mengenali karakteristik audience.

Peralatan Cuci Sepatu

peralatan usaha cuci sepatu
Sumber : church-footwear.com

Setelah melihat potensi dan peluang dari bisnis cuci sepatu, Anda perlu mengetahui peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk cuci sepatu. Karena bisnis ini adalah bisnis laundry yang spesifik, maka ada beberapa alat dan bahan untuk membuka bisnis cuci sepatu yang khusus dibutuhkan. Beberapa peralatan tersebut adalah:

  • Mesin cuci khusus sepatu / mesin cuci laundry pakaian (dengan teknis khusus)
  • Rak sepatu
  • Rak peralatan
  • Pembersih sepatu
  • Aneka jenis sikat, spon dan kanebo
  • paper bag

Teknik atau Cara Cuci Sepatu

Terdapat beberapa cara untuk mencuci sepatu, tergantung dari jenis bahan dari sepatu itu sendiri. Cara mencuci sepatu berbahan kulit tentu berbeda dengan cara mencuci sepatu berbahan kain. Namun tidak perlu khawatir, cara untuk mencuci sepatu dapat Anda lihat pada artikel tentang cara mencuci sepatu.


Lokasi yang Tepat Untuk Membuka Usaha Cuci Sepatu

Bisnis Cuci sepatu
Sumber : businessinsider.com

Sebelum masuk ke dalam pembahasan lokasi yang tepat untuk usaha cuci sepatu, baiknya menentukan target market dahulu. Siapakah target market Anda? Apakah mahasiswa, pegawai kantoran atau ibu-ibu? Ketika Anda telah menentukan target market, kita dapat menentukan beberapa titik lokasi yang dekat dengan tempat tinggal mereka. Detailnya, dapat memperhatikan poin-poin dibawah ini:

  • Target market mahasiswa memilih lokasi di area kampus atau kost-kostan
  • Target market pegawai kantoran, pilih lokasi di area perkantoran

Perlu diketahui, lokasi adalah salah satu faktor yang dapat membuat usaha laundry Anda menjadi sukses, namun jangan lupa untuk memperhatikan poin lain yang tak kalah pentingnya.


Franchise Bisnis Cuci Sepatu

Bagi Anda yang ingin menggunakan cara praktis, Anda dapat bekerjasama dengan penyedia franchise usaha cuci sepatu. Semua paket usaha cuci sepatu sudah dipersiapkan, Anda cukup mempersiapkan lokasinya saja. Terdapat beberapa rekomendasi franchise bisnis membersihkan sepatu yang dapat Anda pertimbangkan, seperti:

  • Dr. Shoes
  • The Quick Clean
  • Shoebible
  • Mysolecase

Aplikasi Manajemen Laundry

Salah satu cara membuka usaha cuci sepatu yang jarang diperhatikan oleh pengusaha laundry adalah pemanfaatan teknologi berupa aplikasi. Tidak ada salahnya memanfaatkan teknologi sebagai pendukung usaha cuci sepatu Anda. Apalagi saat ini hampir semua bisnis memanfaatkan teknologi. Teknologi membuat usaha laundry Anda menjadi lebih update dan menjadi unique selling point tersendiri. Memanfaatkan aplikasi laundry memiliki beberapa keuntungan seperti, tidak perlu membuat sistem baru untuk mengelola setiap operasional usaha. Dengan aplikasi laundry, Anda hanya perlu memantau dan fokus terhadap pengembangan bisnis selanjutnya. 

aplikasi laundry

Rekomendasi aplikasi manajemen laundry yang dapat Anda gunakan adalah aplikasi laundry smartlink. Smartlink mengintegrasikan dengan detail setiap operasional yang ada. Semua terkontrol dalam 1 aplikasi, data dan grafik perkembangan disajikan secara real time. 

Tertarik untuk mencoba? Anda dapat mengunduh aplikasi Smartlink melalui google play store dan Apps Store.


Berapa Modal Buka Usaha Laundry Sepatu?

Cara membuka usaha cuci sepatu berikutnya adalah perhitungan modal. Modal awal yang dibutuhkan untuk membuka usaha laundry sepatu terbilang relatif kecil. Berbekal 3 juta sampai 5 juta rupiah Anda dapat membuka usaha membersihkan sepatu. Namun ketika Anda memiliki modal yang lebih besar, Anda dapat membuka usaha laundry sepatu yang lebih profesional.

Modal bukan satu-satunya poin penting dalam membuka usaha cuci sepatu. Namun kemampuan khusus untuk membersihkan sepatu juga menjadi penentu.

Rincian Modal Kecil Usaha Cuci Sepatu

Mesin cuci khusus sepatu + pengering : Rp 2.800.000

Pembersih sepatu : Rp 650.000

Aneka jenis sikat, spon dan kanebo : Rp 250.000

Rak sepatu : Rp 250.000

Desain Ruangan : Rp 700.000

Meja dan kursi : Rp 300.000

Jumlah : Rp 4.950.000

Jika Anda memiliki modal diatas 5 juta, Anda dapat memperhatikan rincian modal dibawah ini:

Mesin Cuci : Rp 4.000.000

Pembersih sepatu : Rp 650.000

Aneka jenis sikat, spon dan kanebo : Rp 250.000

Rak sepatu : Rp 350.000

Desain Ruangan : Rp 700.000

Meja dan kursi : Rp 500.000

Paper bag : Rp 200.000

Aplikasi Laundry + device pendukung : Rp 2.050.000

Biaya lain-lain : Rp 1.500.000

Jumlah : Rp 10.200.000

Dengan modal sebesar Rp 10.200.000 Anda dapat membuat laundry sepatu yang lebih lengkap dan profesional.


Kesimpulan

Setelah Anda membaca artikel tentang cara membuka usaha cuci sepatu, sekarang Anda telah memiliki gambaran awal untuk membuka bisnis cuci sepatu, mulai dari riset, peralatan, modal sampai aplikasi pendukung. Bahkan Anda dapat memahami prospek dari usaha cuci sepatu ini. Selain itu, besaran modal juga dapat mempengaruhi pada jenis service yang Anda tawarkan kepada customer. Untuk target market seperti pegawai kantoran yang membutuhkan layanan lebih profesional, maka modal yang digunakan otomatis lebih besar. Hal ini perlu dilakukan untuk menyediakan alat yang lebih baik agar layanan pada laundry sesuai dengan kebutuhan customer.

Anda juga dapat menemukan informasi menarik lainnya terkait rahasia sukses membuka usaha laundry pada blog Smartlink. Informasi ini dapat Anda gunakan untuk mengembangkan usaha laundry Anda.