Syarat & Ketentuan Layanan
Diperbarui 09 Juni 2022
Smartlink adalah perusahaan yang dimiliki dan dijalankan oleh PT Ada Ide Langsung Jalan yang bergerak dibidang jasa sebagai penyedia aplikasi laundry yang memiliki produk berupa website, aplikasi android ataupun smartprinter yang dijual dan dipasarkan diseluruh Indonesia.
Halaman ini berisi tentang syarat dan ketentuan layanan Smartlink untuk seluruh pelanggan yang menggunakan segala produk baik berupa web, smartprinter, snapbridge ataupun aplikasi android dan atau jasa baik dalam bentuk nota elektronik, sms, ataupun invoice hotel dari Smartlink. Smartlink memberi anda lisensi terbatas, tidak dapat disublisensikan dan tidak dapat dipindah tangankan. Segala bentuk penggunaan layanan Smartlink oleh pengguna (termasuk niat baik apapun) harus dilaksanakan untuk kepentingan Smartlink. Anda setuju bahwa anda tidak akan menentang, atau membantu orang lain untuk menentang, layanan Smartlink atau registrasi atau kepemilikannya oleh Smartlink (kecuali sejauh pembatasan tersebut dilarang oleh hukum yang berlaku), atau mencoba mendaftarkan aset Smartlink apapun termasuk nama, logo, merek, atau materi lain (termasuk nama domain) yang dengan cara apapun sangat mirip (termasuk, tetapi tidak terbatas pada, suara, penampilan, dan ejaan) dengan layanan Smartlink manapun.
Dengan menggunakan produk dan atau jasa dari Smartlink berarti anda juga harus memahami dan menyatakan setuju untuk terikat pada ketentuan yang berlaku. Jika anda tidak menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku, maka anda tidak boleh mengakses dan menggunakan segala bentuk produk dan atau jasa dari pihak kami Smartlink. Kami menghimbau untuk membaca dan memahami setiap syarat dan ketentuan ini. Pengguna Smartlink juga dihimbau untuk mengakses secara berkala jika terjadi perubahan syarat dan ketentuan pada layanan Smartlink.
Syarat dan Ketentuan Layanan Smartlink berisi tentang:
1. Syarat dan Ketentuan Pembayaran atau Pembelian
- Pembayaran Aktivasi Outlet
- Pembelian Saldo m-coin
- Pembelian / Pemesanan Smartprinter
- Pengembalian (Retur) Smartprinter
- Pembayaran Fitur Premium
- Syarat Pengembalian Dana
- Ketentuan M-coin
- Ketentuan Pengembalian (Retur) Snapbridge
- Ketentuan Proses Pelaporan Kendala Pada Metode Pembayaran QRIS
2. Fitur Premium
- WhatsApp Autosender
3. Kontak yang bisa dihubungi
1. Pembayaran/Pembelian
Syarat dan ketentuan untuk melakukan pembayaran/pembelian baik untuk melakukan aktivasi outlet, pembelian saldo mcoin, pembelian smartprinter akan diatur sesuai dengan syarat ketentuan yang tertulis dibawah:
1. Pengguna baru yang akan melakukan registrasi ke website dashboard.smartlink.id sudah harus membaca dan memahami segala peraturan dan ketentuan berlaku yang tertulis di smartlink.id.
2. Jika pengguna Smartlink sudah melakukan registrasi atau sudah menggunakan website, aplikasi, atau produk Smartlink maka sudah dianggap setuju dan memahami segala syarat dan ketentuan yang ada.
3. Pengguna lama Smartlink diwajibkan untuk menyetujui syarat dan ketentuan yang terdapat pada peraturan syarat dan ketentuan dari Smartlink, baik syarat dan ketentuan yang telah berlaku, baru, maupun yang akan diberlakukan pada masa yang akan datang.
4. Pengguna Smartlink wajib untuk melakukan pengecekan kebenaran informasi akun sebelum melakukan proses aktivasi outlet atau top up saldo mcoin.
5. Nomor rekening untuk melakukan transfer dana dari pihak pengguna Smartlink ke pihak Smartlink sudah tertera dalam tagihan, dengan nomor rekening sebagai berikut:
- BCA — 1131406989 (a.n. Sri Martiningsih)
- Mandiri — 9000028679257 (a.n. Mas Fredo Prima Yudha KH)
6. Smartlink berhak untuk membatalkan, menghapus, melakukan penangguhan, atau membatasi akses akun setiap saat, dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya.
7. Selalu beretika sopan dalam melakukan pengaduan masalah maupun meminta informasi terkait produk Smartlink. Apabila pelanggan melakukan pelanggaran (misal berkata kasar, kurang beretika saat menginformasikan kendala) maka pihak Smartlink berhak melakukan penangguhan akun maupun penghentian layanan pelanggan.
A. Pembayaran Aktivasi Outlet
1. Pembayaran untuk aktivasi outlet sesuai dengan prosedur yang ada pada sistem (dash.smartlink.id), dimana pengguna Smartlink melakukan prosedur aktivasi outlet sampai batas waktu tertera pada system atau pada saat tagihan masuk ke dalam Whatsapps (WA) masing – masing pengguna smartlink.
2. Skema harga aktivasi outlet dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan harga yang ditetapkan oleh pihak Smartlink.
3. Jika proses pengiriman dana yang dilakukan pengguna Smartlink dalam proses aktivasi outlet tidak sesuai dengan nominal yang ada pada tagihan Whatsapp (WA) pengguna, maka dana akan dikembalikan sesuai dengan aturan & ketentuan pengembalian dana (refund).
4. Jika proses pengiriman dana yang dilakukan pengguna Smartlink dalam proses aktivasi outlet tidak sesuai dengan batas waktu yang ditentukan, maka dana akan dikembalikan dengan syarat dan ketentuan pengembalian dana (refund).
5. Jika proses pengiriman dana yang dilakukan pengguna Smartlink dalam melakukan aktivasi outlet tidak ditransfer pada salah satu bank yang tertera pada tagihan, maka itu bukan merupakan tanggung jawab dari pihak Smartlink.
6. Saat Whatsapp (WA) Tagihan dari pihak Smartlink masuk ke nomor Whatsapp (WA) pengguna Smartlink, pengguna wajib untuk mengecek dan meneliti segala informasi yang ada pada tagihan tersebut tanpa terkecuali informasi akun dan nominal yang harus ditransfer, jika terjadi kesalahan terhadap proses pengiriman dana yang tidak sesuai dengan data akun yang diinginkan maka pihak Smartlink tidak bisa mengembalikan dana ataupun mengalihkan saldo mcoin yang sudah masuk ke dalam akun yang benar (yang diinginkan pengguna smartlink).
7. Jika pengguna Smartlink melakukan pembayaran untuk aktivasi outlet dan pembelian/top-up saldo saldo mcoin secara bersamaan melalui sistem, maka pembayaran tagihan harus dilakukan pertagihan yang telah dikirimkan kepada Whatsapp (WA) pengguna dari layanan Smartlink. Pembayaran tidak dapat dilakukan atau dianggap tidak sah, apabila kedua tagihan dibayarkan secara sekaligus/ditotalkan. Pengguna Smartlink wajib menunggu maksimal 1×24 jam untuk sistem melakukan pengecekan sampai outlet menjadi aktif, jika dalam waktu 1×24 jam outlet belum aktif, maka bisa lakukan komplain kepada CS Smartlink
8. Training bisa didapatkan dengan syarat pengguna smartlink sudah melakukan aktivasi terhadap outletnya.
9. Untuk biaya training penggunaan smartlink baik website atau aplikasi, diluar dari biaya aktivasi outlet, dapat langsung ditanyakan kepada affiliator.
B. Pembelian Saldo M-coin
1. Pembayaran untuk aktivasi outlet sesuai dengan prosedur yang ada pada sistem (dashboard.smartlink.id), dimana pengguna Smartlink melakukan prosedur top up saldo mcoin sampai akhir proses (hingga tagihan masuk ke dalam Whatsapp (WA) pengguna smartlink.
2. Skema harga top up saldo mcoin dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan harga yang ditetapkan oleh pihak Smartlink.Harga belum termasuk PPN dan Biaya Admin
3. Jika proses pengiriman dana yang dilakukan pengguna Smartlink dalam melakukan top up saldo mcoin tidak sesuai dengan nominal yang ada pada tagihan Whatsapp (WA) pengguna, maka dana akan dikembalikan dengan mematuhi aturan ketentuan pengembalian dana.
4. Jika proses pengiriman dana yang dilakukan pengguna Smartlink dalam melakukan top up saldo mcoin tidak sesuai dengan batas waktu yang ditentukan, maka dana akan dikembalikan dengan mematuhi aturan ketentuan pengembalian dana.
5. Jika proses pengiriman dana yang dilakukan pengguna Smartlink dalam melakukan top up saldo mcoin tidak ditransfer pada salah satu bank yang tertera pada tagihan, maka itu bukan merupakan tanggung jawab dari pihak Smartlink.
6. Saat Whatsapp (WA) Tagihan dari pihak Smartlink masuk ke nomor Whatsapp (WA) pengguna Smartlink, pengguna wajib untuk mengecek dan meneliti segala informasi yang ada pada tagihan tersebut tanpa terkecuali informasi akun dan nominal yang harus ditransfer, jika terjadi kesalahan terhadap proses pengiriman dana yang tidak sesuai dengan data akun yang diinginkan maka pihak Smartlink tidak bisa mengembalikan dana ataupun mengalihkan saldo mcoin yang sudah masuk ke dalam akun yang benar (sesuai keinginan pengguna Smartlink).
7. Jika pengguna Smartlink melakukan pembayaran untuk aktivasi outlet dan pembelian/top-up saldo saldo mcoin secara bersamaan melalui sistem, maka pembayaran tagihan harus dilakukan pertagihan yang telah dikirimkan kepada Whatsapp (WA) pengguna dari layanan Smartlink. Pembayaran tidak dapat dilakukan atau dianggap tidak sah, apabila kedua tagihan dibayarkan secara sekaligus/ditotalkan.
8. Pengguna Smartlink wajib menunggu maksimal 1 jam untuk sistem melakuakn pengecekan sampai saldo mcoin masuk, jika dalam 1 jam saldo mcoin tidak masuk bisa langsung melakukan complain kepada CS Smartlink.
9. Pengguna sepakat untuk melakukan pengisian saldo mcoin jauh hari sebelum saldo mcoin habis, sehingga apabila terjadi permasalahan dalam sistem bank dan mengakibatkan keterlambatan masuknya saldo mcoin, transaksi pada pihak pengguna Smarlink masih tetap berjalan.
C. Pembelian Smartprinter
1. Pengguna Smartlink memahami informasi harga dan spesifikasi smartprinter yang sudah tertera dalam website smartlink.id
Skema harga smartprinter dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan harga yang ditetapkan oleh pihak Smartlink.
2. Pengisian data pribadi pembeli harus bersifat benar dan dapat dipertanggung jawabkan. Pihak Smartlink tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan pengisian data pribadi untuk pengiriman.
3. Pembeli wajib melakukan pengecekan smartprinter yang sudah kami kirim ke lokasi pembeli.
4. Masa garansi smartprinter adalah 2 bulan, smartprinter bisa dikembalikan jika terjadi kerusakan dari pabrik (bukan karena air, jatuh, pecah, rusak saat dalam pengiriman, atau sebab apapun karena kesalahan pembeli).
5. Jika selama 2 bulan penggunaan tidak terjadi masalah terhadap smartprinter dan pada bulan selanjutnya apabila terjadi masalah, itu bukan merupakan tanggung jawab Pihak Smartlink.
6. Jika terjadi retur smartprinter maka biaya pengiriman (ongkos kirim/ongkir) smartpriter dari pembeli kepada Pihak Smartlink, dan dari Pihak Smartlink kembali ke pembeli ditanggung oleh pembeli.
7. Pembeli smartprinter sudah memahami bahwa biaya pengiriman (ongkos kirim/ongkir) smartprinter ditanggung oleh pembeli.
8. Pembayaran biaya pengiriman (ongkos kirim/ongkir) diluar biaya pembelian smartprinter dan dibayar ditempat (dibayar ke kurir)
9. Biaya pengiriman (ongkos kirim/ongkir) berbeda pada setiap lokasi pengiriman.
10. Untuk pengguna smartlink yang membeli produk diluar produk yang kami jual, kami tidak bertanggung jawab atas hal tersebut. Jika printer tidak kompatibel dengan aplikasi ataupun terjadi kerusakan.
11. Pembelian layanan Smartlink sudah sesuai harga yang tertera pada smartlink.id. tidak bertanggung jawab atas pihak lain yang menaikkan harga ataupun perihal lain.
12. Jika proses pengiriman dana yang dilakukan pengguna smartlink dalam melakukan pembelian smartprinter tidak ditransfer pada salah satu bank yang tertera pada tagihan, maka itu bukan merupakan tanggung jawab dari pihak Smartlink.
13.Pengguna menyetujui bahwa printer akan dikirim kurang lebih 4 – 7 hari jam kerja dari waktu pembayaran.
14 Jika terjadi masalah terhadap smartprinter dan pengguna smartprinter melakukan service smartprinter diluar sepengetahuan kami. Kami tidak bertanggung jawab jika terjadi segala macam bentuk perubahan (misal : pada ukuran, bentuk dan ketebalan font).
D. Pengembalian (Retur) Smartprinter
1. Jika terjadi retur Smartprinter maka biaya pengiriman (ongkos kirim/ongkir) Smartprinter dari pembeli kepada pihak Smartlink dan dari pihak smartlink kembali ke pembeli ditanggung oleh pembeli.
2. Smartprinter bisa dikembalikan (retur) jika terjadi kerusakan dari pabrik (bukan karena air, jatuh, pecah, rusak saat dalam pengiriman, atau apapun karena kesalahan pembeli).
3. Pengembalian atau penukaran produk Smartprinter ke customer akan memakan waktu 3-4 hari pada jam kerja dihitung sejak Smartprinter sampai di kantor Smartlink.
4. Customer diwajibkan untuk melakukan pembayaran ongkir (retur) saat barang telah sampai ditempat.
5. Biaya ongkir disesuaikan dengan jarak lokasi pengiriman dan jasa pengiriman.
6. Kami tidak memiliki ranah untuk menentukan dan menetapkan biaya ongkir untuk retur barang Smartprinter.
E. Pembayaran Fitur Premium
1.Pengguna menyetujui bahwa dengan membeli dan atau berlangganan layanan premium, maka sepakat terhadap biaya, harga, dan siklus tagihan yang terkait sebagaimana sudah dijelaskan di bagian website dash.smartlink.id – (fitur premium).
2. Skema harga setiap fitur premium yang ada dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan harga yang ditetapkan oleh pihak Smartlink, termasuk perubahan biaya dan harga layanan dengan pemberitahuan kepada anda. Apabila anda tidak sepakat dengan perubahan tersebut anda dapat berhenti berlangganan atau mengatur fitur premium menjadi manual (tidak otomatis berlangganan) misal pada whatsapp autosender.
3. Pembayaran fitur premium yang telah habis akan diperpanjang otomatis dengan mengambil dari saldo mcoin yang ada sesuai dengan jumlah biaya saldo mcoin di awal pendaftaran jika pengguna melakukan pengaturan untuk berlangganan pada fitur premium (misal : whatsapp autosender)
4. Untuk pelanggan fitur premium ketika masa berlangganan habis atau jatuh tempo, sedangkan saldo mcoin tidak mencukupi maka pihak Smartlink berhak untuk menghentikan penggunaan fitur hingga anda melakukan pengisian saldo mcoin.
5. Jika anda berhenti berlangganan sebelum habis masa berlangganan, maka anda mengetahui dan menyetujui untuk tidak akan mendapatkan pengembalian dana ataupun saldo mcoin yang sudah dibayarkan sebelumnya.
F. Pengembalian Dana (Refund)
1. Ketentuan ini ditunjukan untuk proses apapun yang membutuhkan pengembalian dana.
2. Pengajuan pengembalian dana maksimal 3×24 jam setelah proses transfer dana ke rekening smartlink. Apabila lebih dari itu, Smartlink tidak bertanggung jawab.
3. Pengembalian dana diajukan pelanggan ke Customer Support Smartlink dan pelanggan akan diminta mengisi data dan informasi yang diperlukan.
4. Pengembalian dana dikirim ke rekening pengguna (tidak bisa di alihkan ke rekening lain)
5. Pengembalian dana membutuhkan waktu maksimal tujuh hari sesuai jam kerja.
6. Terdapat potongan biaya administrasi bank sebesar Rp. 6.500,- per transaksinya yang dibebankan kepada pengguna.
G. Ketentuan m-coin
1. Pengguna setuju terhadap ketentuan Smartlink bahwa m-coin yang sudah terpotong saat pengguna menggunakan salah satu fitur kami (misal : nota sms, nota whatssap dan lain sebagainya), m-coin tidak bisa dikembalikan lagi walaupun nota tidak tersampaikan ke customer laundry.
2. Pengguna setuju untuk m-coin yang terpotong jika pesan (nota sms, nota whatssap dan lain sebagaianya) sukses terkirim (pesan terkirim bukan berarti sukses diterima oleh customer karena pesan terkirim juga bisa gagal saat proses). Oleh sebab itu pihak Smartlink melakukan pemotongan m-coin terhadap pesan terkirim tersebut karena dikenai biaya operator.
3. Untuk pesan diterima atau tidak oleh customer bukan merupakan ranah pihak Smartlink dan kami tidak bertanggung jawab atas hal tersebut.
4. Pengguna memahami bahwa jarak antara mcoin yang terpotong sampai pesan bisa terkirim (bukan sudah sukses diterima oleh customer laundry) membutuhkan waktu lebih dari 1 jam.
H. Ketentuan Pengembalian (Retur) Snapbridge
1. Pengguna yang menggunakan produk snapbridge wajib membaca dan memahami syarat dan ketentuan dalam penggunaan snapbridge.
2. Snapbridge bisa dikembalikan jika terjadi cacat produksi (bukan karena terkena air, dibanting, pecah atau karena kesalahan pembeli)
3. Pengembalian snapbridge bisa dilakukan pada jam kerja Customer Support Smartlink dengan melakukan konfirmasi terlebih dahulu kepada Customer Support Smartlink sebelum dilakukan pengiriman snapbridge
4.Pengiriman snapbridge dilakukan minimal 3-4 hari di hari kerja, kecuali sedang dalam proses produksi.
5. Seluruh biaya pengiriman snapbridge ditanggung oleh pemesan snapbridge.
6. Biaya pengiriman disesuaikan dengan berat dan jarak lokasi pengiriman sesuai dengan aturan jasa pengirim.
7. Barang akan dikirim setelah pemesan melakukan pembayaran biaya pengiriman.
I. Ketentuan Proses Pelaporan Kendala Pada Metode Pembayaran QRIS
1. Pengguna yang menggunakan metode pembayaran QRIS wajib membaca dan setuju dengan syarat dan ketentuan pemrosesan dana pada metode pembayaran qris jika terjadi kendala.
2. Pengguna wajib melakukan pelaporan kepada Customer Support Smartlink mengenai kendala pembayaran QRIS maksimal dalam waktu 1×24 jam sejak kendala terjadi.
3. Pegecekan QRIS membutuhkan waktu selama kurang lebih 30 hari terhitung dari waktu pelaporan kepada Customer Support Smartlink pada jam kerja operasional kantor smartlink.
4. Kami akan menginformasikan mengenai hasil dari pelaporan kendala pembayaran QRIS kepada pengguna yang bersangkutan
2. Fitur Premium
A. WhatsApp Autosender
Harap membaca Ketentuan-Ketentuan Penggunaan ini dengan cermat. Dengan menggunakan Whatsapp Autosender, Anda menyetujui bahwa Anda telah membaca dan memahami Ketentuan Penggunaan yang berlaku untuk Anda. Ketentuan Penggunaan dan Kebijakan Whatsapp Autosender merupakan perjanjian yang mengikat secara hukum (“Perjanjian“) antara Anda dan Smartlink. Perjanjian berlaku untuk penggunaan Anda atas Whatsapp Autosender yang disediakan oleh Smartlink. Apabila Anda tidak menyetujui Ketentuan Penggunaan, mohon untuk tidak menggunakan atau terus menggunakan Aplikasi atau Layanan.
Smartlink dapat mengubah ketentuan dalam Perjanjian ini kapan saja. Perubahan tersebut akan berlaku setelah ditampilkan di laman Smartlink.id atau di Aplikasi. Adalah tanggung jawab Anda untuk meninjau Ketentuan Penggunaan secara teratur. Penggunaan berkelanjutan atas Layanan setelah adanya setiap perubahan tersebut, baik telah Anda tinjau atau tidak, merupakan persetujuan Anda untuk terikat pada setiap perubahan tersebut.
1. Whatsapp Autosender adalah layanan Smartlink yang diperuntukan bagi Anda untuk lebih mudah berkomunikasi dan memasarkan produk-produk dan layanan kepada para pelanggan melalui aplikasi Whatsapp. Whatsapp Autosender juga memungkinkan pengguna untuk melakukan komunikasi dua arah seperti pesan Whatsapp pada umumnya.
2. Pesan-pesan Anda adalah milik Anda, dan kami tidak dapat membacanya. Kami telah membangun privasi dan fitur keamanan lainnya ke dalam WhatsApp Autosender. Kami tidak menyimpan pesan-pesan Anda setelah pesan-pesan tersebut disampaikan.
3. Kami berhak melakukan perubahan ataupun penambahan fitur terhadap whatsapp autosender dan whatsapp blast sebagai upaya meningkatkan kenyamanan pengguna.
4. Fitur ini tidak berafiliasi dengan Whatsapp. Jika tiba-tiba whatsapp melarang penggunaan fitur ini yang mengakibatkan tidak dapat digunakannya fitur ini, maka tidak ada refund.
5. Kami merekomendasikan Anda untuk mendaftarkan lebih dari satu nomor Whatsapp yang dijadikan sebagai modem pengirim pesan serentak ke seluruh pelanggan Anda. Hal ini diperlukan untuk menghindari akun Whatsapp yang Anda digunakan di-banned karena dianggap spam.
6. Untuk penggantian atau penambahan nomor Whatsapp autosender atau Whatsapp blast (nomor baru) tanpa penambahan server tidak akan dikenakan biaya.
7. Kami tidak bertanggung jawab jika terjadi penghapusan server Whatsapp autosender yang bukan karena hal-hal diluar perbaikan pada server dan sistem kami.
8. Kami tidak bertanggung jawab atas hilangnya akun Whatsapp yang Anda gunakan apabila terjadi banned dari pihak Whatsapp sendiri. Kami tidak bertanggung jawab untuk mengembalikan biaya pendaftaran nomor Whatsapp Autosender yang terkena banned.
9. Pengguna Whatsapp autosender atau Whatsapp blast menyetujui bahwa Kami tidak akan memberikan garansi dalam bentuk apapun jika terjadi pemblokiran akun Whatsapp autosender atau Whatsapp blast oleh pihak Whatsapp.
10. Pengguna Whatsapp autosender atau Whatsapp blast setuju bahwa kami bisa melakukan pemutusan secara sepihak tanpa ada pengembalian dana jika terjadi perubahan aturan oleh pihak Whatsapp.
11. Untuk pesan Whatsapp Autosender yang tidak terkirim, pengguna bisa meminta untuk dilakukan pengiriman ulang (maksimal pesan dalam periode satu bulan) Namun kami tidak bertanggung jawab untuk apapun yang terjadi saat kami melakukan pengiriman ulang, misal terjadi nota ganda yang terkirim ke konsumen (karena kondisi tertentu).
12 .Resiko penggunaan fitur ini dikembalikan kepada user masing-masing.
3. Hubungi Kami
Jika Anda memiliki pertanyaan tentang Kebijakan Privasi ini, silakan hubungi kami: Admin@Smartlink.id atau WhatsApp Customer Support Smartlink.