5 Ide Desain Tempat Mencuci Baju di Rumah

Smartlink

Ilustrasi tempat mencuci baju. Foto: Unsplash.com

Setiap rumah tentu memiliki ruang khusus yang difungsikan sebagai tempat mencuci baju. Karena alasan itulah, ide tempat untuk mencuci baju cukup banyak dicari oleh sebagian orang untuk memaksimalkan penggunaan ruangan di dalam rumah. 

Nah, bagi Anda yang sedang mengalami hal serupa, simak penjelasan selengkapnya berikut ini guna mengetahui referensi yang bisa dicoba.

Tempat Cuci Pakaian Namanya Apa? 

Ruang khusus untuk mencuci baju dikenal dengan laundry room. Seperti namanya, ruangan ini dikhususkan untuk mencuci baju hingga kegiatan lainnya berkaitan dengan perawatan pakaian.

Mengutip laman Usual House, laundry room atau tempat cuci baju merupakan salah satu ruangan terpenting di dalam rumah. Tak hanya memproses pakaian kotor menjadi bersih, ruangan khusus cuci memiliki sejumlah fungsi yang bermanfaat.

Adanya tempat khusus cuci baju di rumah memudahkan Anda dalam memisahkan area steril dan area kotor. Maksudnya, tempat yang dikhususkan untuk mencuci baju umumnya difungsikan untuk meletakkan pakaian kotor. Dengan begitu, keberadaan pakaian tersebut tak bercampur dengan area bersih seperti kamar maupun ruangan lainnya yang harus dalam kondisi bersih.

Tak hanya itu, adanya ruang khusus mencuci baju dapat memudahkan Anda dalam memproses pakaian kotor sehingga pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.

Apa Saja yang Harus Ada di Laundry Room?

Oleh karena ruang yang satu ini dikhususkan untuk mencuci pakaian, tentu barang yang harus tersedia di laundry room adalah peralatan mencuci baju. Tak hanya mesin cuci, Anda bisa meletakkan berbagai keperluan mencuci pakaian seperti deterjen, pewangi, pelembut pakaian, dan berbagai perlengkapan mencuci lainnya.

Jika Anda memiliki ruang khusus mencuci baju yang luas, Anda dapat menyertakan meja untuk setrika beserta peralatannya hingga jemuran. Dengan memaksimalkan ruangan untuk mencuci, Anda tak perlu lagi membawa pakaian ke halaman rumah untuk menjemurnya. 

Akan tetapi, pastikan ruangan mencuci Anda semi-outdoor untuk memastikan cahaya matahari dan udara mencukupi untuk mengeringkan pakaian dengan sempurna.

Ide Desain Tempat Mencuci Baju

Setelah mengetahui definisi, fungsi, hingga peralatan yang harus ada di tempat cuci baju, Anda perlu menentukan konsep laundry room sesuai kebutuhan. 

Langkah pertama, tentukan apakah Anda memerlukan tempat cuci baju manual atau menggunakan mesin cuci.  Hal itu dapat membantu Anda dalam menyesuaikan konsep laundry room sesuai preferensi yang diinginkan. 

Lebih lanjut, berikut 5 ide tempat mencuci baju yang bisa Anda jadikan referensi.

Desain tempat cuci baju manual

Ilustrasi tempat mencuci baju manual. Foto: Pinterest.com

Jika Anda lebih tertarik untuk mencuci baju secara manual menggunakan tangan, desain yang satu ini bisa Anda jadikan pertimbangan. Jangan lupa sertakan keramik lantai tempat cuci baju di bagian dinding untuk mengurangi risiko terkena air. Dengan begitu, dinding ruangan tidak mengelupas dan terhindar dari kerusakan.

Anda dapat meletakkan spot khusus untuk mencuci dan membilas pakaian di pojok ruangan. Sementara itu, sisi ruangan lainnya bisa Anda manfaatkan untuk meletakkan berbagai peralatan mencuci.

Desain tempat cuci baju sederhana

Ilustrasi tempat laundry sederhana. Foto: Business Insider

Desain yang satu ini cocok Anda terapkan jika ruang mencuci di rumah tak terlalu luas. Anda bisa memaksimalkan ruangan dengan meletakkan mesin cuci di salah satu sisi. Kemudian di sisi ruangan lainnya, letakkan berbagai peralatan mencuci, seperti rak, keranjang pakaian, dan lain sebagainya.

Desain dapur dan tempat cuci baju minimalis

Ilustrasi tempat cuci baju dan dapur. Foto: Business Insider

ingin memaksimalkan fungsi dapur sebagai tempat mencuci baju sekaligus? Jika benar demikian, desain ini bisa Anda coba. Anda hanya perlu meletakkan mesin cuci maupun mesin pengering di salah satu sudut dapur. 

Jika memungkinkan, Anda bisa memaksimalkan sebagian ruang pada rak untuk meletakkan berbagai jenis perlengkapan mencuci. Akan tetapi, pastikan perlengkapan mencuci tersebut tak tercampur dengan perlengkapan memasak.

Desain tempat cuci baju belakang rumah

Ilustrasi tempat cuci baju belakang rumah. Foto: Architecture Art Designs

Bagi sebagian orang, mencuci baju di belakang rumah merupakan hal yang menyenangkan. Jika Anda berpikir demikian, desain tempat cuci baju belakang rumah ini bisa dicoba, terlebih bila Anda memiliki halaman belakang yang luas.

Anda dapat menerapkan konsep ruangan semi terbuka. Kondisi itu bisa memudahkan Anda untuk menjemur pakaian setelah dikeringkan menggunakan mesin cuci. Tak hanya itu, desain yang satu ini juga sangat memungkinkan Anda untuk memiliki tempat cuci baju berdiri. Dengan begitu, aktivitas mencuci lebih efisien dan tak memakan banyak waktu.

Desain tempat cuci baju outdoor

Ilustrasi laundry room outdoor. Foto: Qanvas.com

Mencuci pakaian di ruang terbuka juga tak kalah menyenangkan dan membuat aktivitas menjadi lebih ringan. Untuk itu, Anda dapat mencoba desain laundry room yang satu ini.

Tambahkan tanaman berupa bunga, tanaman merambat, dan berbagai jenis tumbuhan lainnya di sekitar tempat mencuci baju untuk memunculkan kesan asri nan segar. Dengan begitu, aktivitas mencuci baju menjadi lebih menyenangkan.

Kesimpulan

Tempat mencuci baju merupakan salah satu ruangan terpenting di setiap rumah. Selain berfungsi untuk memproses pakaian kotor, ruangan yang satu ini memiliki sejumlah manfaat untuk keluarga.

Oleh sebab itu, mendesain tempat untuk mencuci baju sesuai kebutuhan cukup penting. Hal itu dapat membantu efisiensi dalam mencuci baju dan melakukan aktivitas lainnya berkaitan dengan merawat pakaian pribadi maupun keluarga.