Kelemahan Usaha Laundry Yang Sering Terjadi Dan Solusinya!

Deny Andrianto

kelemahan usaha laundry
Photo by ryu shika on Unsplash

Kelemahan usaha laundry menjadi permasalahan tersendiri yang harus dihadapi oleh pengusaha laundry untuk terus bisa berkembang. Diperlukan perhitungan manajemen yang efisien dan matang agar usaha laundry dapat terus berjalan tanpa ada kendala. Untuk memahami tantangan apa saja yang harus dihadapi oleh pengusaha laundry, perhatikan artikel dibawah ini.


1. Skema Usaha Laundry

Sebelum memulai usaha laundry, ada baiknya Anda banyak melakukan research dan memahami skema usaha laundry. Skema dalam usaha laundry berfungsi sebagai rambu-rambu ketika Anda mulai menjalankannya. Terdapat 3 point penting yang harus diperhatikan sebelum menjalankan usaha laundry, yaitu:


1.1 Survey Tempat

Usaha laundry memang dapat dilakukan dari rumah, namun pertanyaannya, apakah lingkungan tersebut prospek untuk usaha ini? Salah satu indikator sederhana yang dapat dijadikan acuan adalah seberapa banyak wanita karir yang tinggal di lingkungan tempat tinggal Anda. Jika wanita yang tinggal relatif wanita karir, maka usaha laundry patut dicoba.


1.2 Menemukan Target

target market laundry
Photo by firmbee.com on Unsplash

Tentukan siapa yang menjadi target market Anda. Penyesuaian antara target market dan jenis usaha laundry perlu dipertimbangkan, agar sesuai dengan apa yang konsumen butuhkan. Kebutuhan target market seperti mahasiswa, tentu saja berbeda dengan karyawan kantor.


1.3 Branding

Membangun branding tentu saja memerlukan strategi tertentu dan tidak mudah. Anda dapat memulai promosi melalui social media, fitur google seperti Google Maps, google Ads sebagai salah satu langkah awal strategi merketing Anda.


2. Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Laundry


2.1 Kelebihan Usaha Laundry

  • Mudah, bisa dijalankan dari rumah
  • Tidak memerlukan biaya operasional yang besar
  • Target market yang luas
  • Usaha untuk jangka panjang
  • Penghasilan tambahan

2.2 Kekurangan Atau Kelemahan Usaha Laundry

  • Persaingan tinggi
  • Sulit mencari pelanggan
  • Biaya perawatan relatif mahal
  • Memahami kebutuhan pelanggan
  • Sering mendapat keluhan dari pelanggan
  • Manajemen yang belum matang

3. Pengalaman Usaha Laundry

outlet laundry
Photo by Ian Valerio on Unsplash

Kata pepatah, pengalaman adalah guru yang paling baik. Begitupun ketika menjalankan usaha dalam bentuk apapun. Banyak belajar dari orang yang lebih berpengalaman sangat dibutuhkan. Anda dapat menerima masukan atau saran dari orang yang telah menjalan bisnis laundry terlebih dahulu, sehingga Anda dapat menyiapkan hal-hal penting untuk menunjang bisnis Anda dapat berkembang jauh lebih baik.


4. Cara Mengatasi Resiko Usaha Laundry

Salah satu hal yang penting dalam menjalankan bisnis laundry ada manajemen. Manajemen yang dimaksud disini relatif bermacam-macam, mulai dari manajemen pemasaran, produksi dan masih banyak yang lainnya. Berikut adalah solusi dari kelemahan usaha laundry yang telah disebutkan sebelumnya.


4.1 Mengatasi persaingan yang tinggi

Dalam dunia bisnis, kompetitor hal yang biasa terjadi. Jadi tidak perlu kaget akan hal ini. Meskipun terdapat banyak kompetitor, kita masih dapat melakukan inovasi. Yaitu menciptakan ciri dari usaha laundry yang kita miliki. Sehingga laundry yang dimiliki mempunyai identitas dan keunggulan lebih daripada laundry yang lain.


4.2 Strategi marketing banyak pelanggan

Menggunakan strategi pemasaran dengan sosial media sudah umum digunakan pengusaha laundry. Termasuk memberikan promo dalam layanannya. Cobalah menggunakan paid advertising seperti facebook ads, instagram ads dan google ads untuk menjangkau lebih banyak audience Anda.


4.3 Mengatasi biaya perawatan yang relatif mahal

Tidak bisa dipungkiri perawatan mesin laundry memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Solusinya Anda dapat mempelajari cara memperbaiki mesin-mesin laundry tersebut. Untuk kerusakan yang terbilang cukup parah, Anda dapat menghubungi vendor atau jasa service mesin laundry yang profesional.


4.4 Memahami kebutuhan pelanggan

Untuk memahami kebutuhan pelanggan, tentunya kita harus riset terlebih dahulu. Minimal, perlu mengetahui siapa yang menjadi target market bisnis Anda? Akan berbeda jenis layanan laundry antara target market mahasiswa dan karyawan karena kebutuhan mereka berbeda. Dan tentukan harga yang sesuai dengan service yang ditawarkan.


4.5 Solusi bagi laundry yang sering mendapat keluhan dari pelanggan

Jenis konsumen laundry adalah jenis konsumen yang mudah untuk berganti tempat, jika merasa tidak puas. Maka diperlukan ketelitian agar tidak terjadi kesalahan yang bisa membuat kustomer kecewa. Kesalahan yang terjadi dalam bisnis laundry berkaitan erat dengan manajemen yang digunakan dalam laundry tersebut. Bagaimana cara menciptakan manajemen yang efisien untuk usaha laundry? Solusinya dapat dipahami pada point selanjutnya.


4.6 Bangun manajemen yang matang

manajemen laundry
Sumber : productplan.com

Membangun manajemen sama halnya membuat cara kerja atau sistem yang akan diterapkan. Memikirkannya saja cukup membuat kepala kita pusing. Terlebih masih banyak para pelaku usaha laundry belum mampu menciptakan manajemen yang efisien. Alhasil terdapat banyak kesalahan-kesalahan yang rentan terjadi, seperti arus kas yang tidak teratur, pakaian konsumen yang hilang dan lain sebagainya. Kelemahan usaha laundry tetap terjadi, selama tidak menemukan solusi. Tentunya, membutuhkan manajemen yang solutif untuk mengatasi permasalahan yang terdapat pada bisnis laundry.

Smartlink, membantu para pengusaha laundry dalam membangun manajemen usaha laundry dengan keunggulan ekosistem digital. Manajemen multi outlet, kasir, produksi hingga manajemen marketing dapat mudah dilakukan dengan 1 aplikasi.


Kesimpulan

Setiap bidang usaha, tentunya terdapat kelebihan dan kekurangan masing-masing. Termasuk usaha laundry, banyak hal yang harus dipersiapkan ketika Anda memulai bisnis laundry. Salah satunya hal yang paling utama yang mampu diterapkan dalam usaha laundry Anda adalah manajemen. Manajemen yang baik, nantinya akan bisa mengatasi kelemahan usaha laundry dan membuat kinernya outlet lebih optimal.

Agar mempermudah manajemen laundry, Anda dapat menggunakan aplikasi laundry dengan ekosistem digital seperti Smartlink. Smartlink memberi kemudahan dalam mengelola laundry karena semua manajemen tergintegrasi. Dan dalam di kontrol hanya melalui 1 aplikasi. mengelola bisnis jadi super mudah dan Anda dapat fokus untuk pengembangan bisnis selanjutnya.