Tertarik Mencoba Bisnis Parfum Laundry? Intip Peluang dan Tipsnya di Sini

Smartlink

Ilustrasi bisnis parfum laundry. Foto: Unsplash.com

Menjamurnya usaha binatu secara tak langsung mendorong pertumbuhan bisnis parfum laundry. Bisa dibilang, kondisi tersebut memunculkan ekosistem bisnis yang saling menguntungkan satu sama lain.

Terlebih saat ini tak sedikit yang mempercayakan perawatan pakaian ke jasa laundry dengan harapan hasil cucian lebih wangi dan bersih. Karena alasan itu pula, keberadaan parfum laundry tak bisa dilepaskan dengan jasa binatu.

Tak heran jika bisnis laundry parfum seiring waktu dinilai mendatangkan peluang yang cukup menggiurkan. Bagi Anda yang berniat membuka bisnis ini, simak uraian berikut selengkapnya 

Analisis Usaha Parfum Laundry

Kecenderungan masyarakat untuk mendapatkan pakaian wangi setelah dicuci menjadi salah satu faktor pentingnya penggunaan parfum laundry. Hal itu secara tak langsung menyebabkan permintaan parfum cenderung stabil, bahkan bisa meningkat seiring kebutuhan pasar.

Mengutip sejumlah sumber, bisnis laundry di Indonesia saat ini sudah mencapai ratusan ribu outlet. Sebagian besar di antara jumlah bisnis laundry tersebut menggunakan parfum untuk menunjang hasil cucian pakaian menjadi lebih wangi dan tahan lama.

Biasanya, setiap usaha laundry dengan skala menengah memerlukan setidaknya lima liter parfum dalam seminggu. Dengan kisaran tersebut, bisa dibilang bahwa kebutuhan bisnis laundry terhadap parfum cukup tinggi. 

Inilah mengapa, bisnis parfum laundry juga tak kalah menggiurkan dibandingkan bisnis laundry itu sendiri. Terlebih, jenis usaha yang satu ini bisa dijalankan di rumah dan dapat dijadikan penghasilan tambahan. 

Dalam artian, Anda tak perlu khawatir pekerjaan utama terganggu saat menjalankan bisnis yang satu ini. Sebab, tak sedikit merek parfum laundry yang membuka sistem reseller maupun distributor sehingga Anda hanya perlu menjual produk tanpa perlu membuat bahkan mencari bahan bakunya.

Modal Awal Usaha Pewangi Laundry

Ilustrasi menggunakan parfum laundry. Foto: Unsplash.com

Apabila Anda masih tergolong pemula dalam bisnis parfum laundry, Anda bisa menjadi agen untuk memasarkan produk pewangi tertentu. Sistem ini biasanya memungkinkan Anda memperoleh keuntungan sebesar 20% hingga 30%.

Untuk memulai usaha parfum laundry sebagai agen, Anda perlu menyiapkan sejumlah modal awal berkisar Rp1.000.000 hingga Rp3.000.000. Jumlah modal awal tersebut sudah mencakup pembelian produk parfum laundry dan biaya penunjang usaha lainnya, seperti gelas ukur dan botol parfum.

Untuk skala bisnis yang lebih besar, Anda dapat membeli paket usaha parfum laundry dengan harga yang lebih mahal, yakni mulai dari Rp5.000.000 ke atas. Umumnya, kisaran harga tersebut mencakup berbagai jenis aroma parfum, botol parfum, hingga perlengkapan untuk meracik.

Adapun untuk kisaran laba yang diperoleh per bulannya bisa mencapai Rp5.000.000 bahkan lebih dengan rincian keuntungan sebesar Rp25.000 per jerigennya.

Perlu diingat bahwa kisaran modal usaha maupun laba bisnis di atas bergantung pada sejumlah faktor, seperti merek parfum, penentuan harga di pasaran, dan masih banyak lagi.

Cara Memasarkan Parfum Laundry

Memasarkan parfum laundry merupakan langkah penting dalam menjalankan bisnis yang satu ini. Berikut beberapa cara memasarkan parfum laundry yang bisa Anda coba.

1. Lakukan identifikasi target pasar 

Langkah pertama, pastikan Anda sudah menentukan target pasar yang dituju. Dalam hal ini, Anda dapat menawarkan produk parfum laundry kepada pemilik usaha binatu atau kepada pelanggan biasa.

2. Maksimalkan promosi offline maupun online

Agar lebih banyak orang yang mengetahui bisnis parfum laundry Anda, lakukan promosi semaksimal mungkin. Selain mengenalkan produk di lingkungan sekitar, manfaatkan keberadaan media sosial dan internet untuk menjangkau calon pelanggan lebih luas. 

Anda bisa membuat konten informatif, seperti cara menggunakan parfum laundry dan berbagai jenis konten lainnya. Dengan begitu, pelanggan mencari tahu produk parfum laundry yang Anda jual.

3. Terapkan pemesanan online

Selain menjual parfum laundry secara langsung di toko, Anda dapat memasarkan produk secara online melalui media sosial maupun berbagai platform e-commerce. Dengan cara ini, produk parfum laundry Anda bisa menjangkau lebih banyak pembeli sehingga peluang untung lebih besar.

4. Tawarkan diskon atau program loyalti

Penawaran berupa diskon maupun program loyalti membuat calon pembeli lebih tergiur. Dengan dua jenis penawaran tersebut dapat mendorong calon pelanggan untuk tetap setia kepada produk parfum laundry Anda.

5. Sertakan testimoni dan ulasan pelanggan

Untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan, Anda perlu menyertakan testimoni maupun ulasan positif dari pelanggan yang sudah mencoba produk parfum Anda. Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan kepercayaan konsumen potensial.

6. Sediakan produk uji coba

Tak sedikit konsumen yang tertarik dengan mencoba produk parfum laundry sebelum benar-benar membelinya. Oleh karena itu, pertimbangkan  untuk menawarkan sampel parfum laundry sehingga pelanggan dapat mencoba produk Anda sebelum memutuskan untuk membelinya secara reguler.

7. Kemas produk dengan menarik

Kemasan produk yang menarik dapat memikat perhatian pelanggan. Pastikan label produk parfum laundry Anda mencantumkan informasi yang relevan, seperti aroma, cara penggunaan, dan bahan-bahan yang digunakan. Dengan demikian, tingkat kepercayaan pelanggan terhadap produk Anda makin meningkat.

Kesimpulan 

Bisnis parfum laundry mengalami perkembangan positif. Ini karena banyaknya usaha laundry yang menggunakan parfum untuk meningkatkan kualitas hasil cuciannya. 

Permintaan parfum dari bisnis laundry yang cukup tinggi, membuat bisnis parfum laundry menjadi peluang yang menggiurkan. Keberadaannya memberikan opsi bagi individu yang ingin membuka bisnis sampingan dan dapat dijalankan di rumah.

Anda dapat memulai bisnis parfum laundry sebagai agen dengan modal awal yang cukup terjangkau. Kemudian, Anda perlu menerapkan strategi pemasaran yang tepat agar dapat memunculkan keuntungan yang besar dan usaha yang dijalankan makin berkembang.