Rekomendasi Laundry Detergent Terbaik yang Patut Anda Coba

Smartlink

Ilustrasi menggunakan laundry detergent. Foto: Pexels.com

Laundry detergent atau deterjen laundry sudah menjadi bagian penting dalam operasional usaha binatu profesional. Lebih dari sekadar membersihkan dan mengharumkan pakaian, produk ini juga berfungsi untuk menjaga kondisi mesin cuci tetap optimal.

Itulah sebabnya, deterjen laundry mengalami pengembangan formulasi dari masa ke mas agar aktivitas mencuci pakaian ataupun bahan tekstil lainnya makin efektif. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut seputar deterjen laundry, simak pembahasan berikut hingga akhir. 

Apa yang Dimaksud dengan Detergen?

Secara sederhana, detergent adalah produk yang mengandung sabun atau surfaktan lainnya. Produk ini berfungsi membersihkan, menghilangkan noda pada pakaian. Umumnya, deterjen tersedia dalam berbagai bentuk, seperti deterjen cair, deterjen bubuk, deterjen pods, serta deterjen yang diformulasikan untuk penggunaan mesin cuci.

Di pasaran, jenis deterjen di atas memiliki harga yang bervariasi, bergantung pada ukuran dan formulasi yang disertakan. Tak sedikit pula deterjen yang dilengkapi dengan pelembut atau fabric softener sehingga pakaian tetap terlindungi selama pencucian berlangsung.

Laundry Biasanya Pakai Deterjen Apa?

Menurut informasi yang dikumpulkan oleh Smartlink, jenis deterjen yang digunakan untuk laundry umumnya berwujud cair. Hal itu dikarenakan deterjen cair dinilai lebih mudah larut dalam air dibandingkan deterjen bubuk.

Selain itu, jenis deterjen yang satu ini diklaim minim residu dan tingkat pH lebih rendah sehingga aman digunakan untuk mesin cuci. Inilah mengapa, beberapa merek di pasaran mengeluarkan produk deterjen yang diformulasikan khusus untuk pencucian menggunakan mesin.

Hal tersebut mengingat bahwa deterjen memengaruhi kinerja mesin cuci, terutama jika digunakan dalam jangka waktu yang lama serta pencucian dengan jumlah yang besar. 

Jika Anda sering menggunakan mesin cuci ketika membersihkan pakaian pribadi maupun menjalankan usaha laundry, memilih deterjen dengan formulasi yang tepat sangat penting untuk diperhatikan. Dengan begitu, kinerja mesin cuci tetap maksimal dan risiko serat pakaian rusak bisa dihindari.

Rekomendasi Laundry Detergent Terbaik

Ilustrasi menggunakan deterjen laundry. Foto: Pexels.com

Berikut daftar deterjen laundry yang bisa Anda gunakan agar mencuci pakaian lebih mudah dan efektif.

1. Soklin Liquid Detergent

Deterjen cair ini mengandung antibakteri serta diklaim mampu membersihkan noda membandel hingga ke serat pakaian. Tak hanya itu, Soklin Liquid memiliki aroma wangi yang tahan lama sehingga memungkinkan Anda tak perlu lagi menambahkan pewangi laundry.

Dari segi harga, Soklin Liquid cukup terjangkau. Untuk ukuran 1,6 liter, Anda hanya perlu menyiapkan budget mulai dari Rp30 ribu.

2. Rinso Matic

Merek deterjen kenamaan seperti Rinso juga mengeluarkan produk khusus laundry, yakni Rinso Matic Professional. Deterjen yang satu ini dirancang berdasarkan penggunaan mesin cuci bukaan depan (front load) dan bukaan atas (top load).

Kedua varian produk tersebut masing-masing terdiri dari deterjen bubuk dan deterjen cair sehingga memudahkan penggunanya dalam memilih sesuai kebutuhan. 

3. Total Matic

Total Matic bisa Anda jadikan pilihan deterjen laundry dengan harga murah dengan hasil pencucian yang maksimal. Deterjen ini hadir dalam varian bubuk maupun cair dan bisa Anda pilih sesuai jenis mesin cuci yang digunakan.

Untuk varian cair atau liquid, Total Matic diformulasikan dengan pewangi dan pelembut pakaian sekaligus sehingga dapat menghemat anggaran belanja untuk kebutuhan laundry.

4. Gentle Gen

Deterjen ini tak hanya dirancang untuk membersihkan noda membandel pada pakaian, namun juga diformulasikan agar tangan Anda tetap lembut. Diformulasikan dengan bahan alami, Gentle Gen menghadirkan wangi segar dan tahan lama. Tak hanya itu Gentle Gen diklaim tak meninggalkan residu pada pakaian sehingga aman digunakan.

5. Sleek Baby Laundry Detergent 

Jika Anda mencari produk deterjen yang aman untuk pakaian dan kulit bayi, produk ini patut dicoba. Karena Sleek Baby Laundry Detergent menggunakan bahan alami dan diklaim tak meninggalkan residu.

Di samping itu, deterjen ini mengandung antibakteri dan antijamur sehingga efektif melindungi pakaian dari kotoran dan kuman. 

6. Attack

Salah satu merek deterjen kenamaan di pasaran ini juga bisa Anda gunakan untuk keperluan mencuci dengan efektif. Tak hanya deterjen untuk mencuci manual, Attack menyediakan varian produk khusus penggunaan mesin cuci, di antaranya Attack Clean Maximizer, Attack Plus Softener, dan Attack Plus Violet.

7. Olaif Powerful Cleaning Liquid Detergent

Sedang mencari deterjen wangi dan tak menimbulkan panas di tangan? Deterjen laundry yang satu ini bisa Anda pertimbangkan. Di samping itu, deterjen Olaif menggunakan bahan alami sehingga memberikan aroma wangi yang segar.

Olaif Powerful Cleaning Liquid Detergent juga efektif digunakan untuk mencuci sehari-hari, karena deterjen ini diformulasikan khusus untuk menghilangkan noda membandel dengan mudah.

Keseluruhan produk di atas bisa Anda dapatkan di toko deterjen laundry terdekat ataupun melalui e-commerce dengan harga yang bervariasi.

Kesimpulan

Deterjen laundry merupakan produk pembersih pakaian yang umum digunakan untuk kebutuhan rumah tangga maupun industri binatu. Seiring waktu, formulasi deterjen terus berkembang sehingga proses mencuci pakaian menjadi lebih efisien dan mudah.

Ada banyak jenis deterjen laundry yang beredar di pasaran. Karenanya, pastikan Anda meneliti lebih lanjut terkait kandungan dan formulasi yang ditawarkan. 

Selain menjaga kenyamanan dan keamanan saat mencuci, memilih deterjen yang tepat juga berpengaruh pada kinerja mesin cuci. Dengan begitu, mesin cuci tetap awet dan bisa digunakan dalam jangka panjang.