Usaha Laundry: Cara Memulai, Modal Dan Peralatannya

Deny Deny

1. Usaha Laundry

1.1 Apa itu Usaha Laundry

Bisnis laundry adalah bisnis yang memiliki potensial yang luar biasa. Karena bukan hanya bisa berkembang di daerah perkotaan. Namun level pedesaan juga dapat melakukannya. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari adanya laundry di lingkungan sekitar. Tidak banyak orang memiliki waktu untuk membersihkan pakaian yang kotor, apalagi jika mereka tidak memiliki waktu. Usaha laundry juga tidak memerlukan tempat yang spesifik, cukup mulai dari rumah, Anda sudah bisa membuka bisnis laundry kecil-kecilan.

1.2 Asal Mula Bisnis Laundry

Jasa laundry muncul pertama kali di Amerika, dan terus menyebar keseluruh dunia. Tidak lama setelah sabun khusus pakaian ditemukan pada tahun 1870. Didominasi oleh orang China karena pada saat itu Amerika memiliki penyediaan tenaga kerja dan industri pertanian yang lebih baik dari negaranya sendiri. Wah Lee adalah orang kebangsaan China yang pertama kali membuka bisnis laundry di Amerika. 

1.3  Kenapa Laundry Dibutuhkan Masyarakat

Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan ketika kita memulai usaha laundry, diantaranya adalah:

Masyarakat tidak punya waktu untuk membersihkan pakaian kotor. Sebagian besar masyarakat terutama yang hidup di daerah perkotaan memiliki kesibukan pekerjaan. Proses mencuci hingga setrika mungkin terlihat sebagai pekerjaan yang sederhana. Namun dibalik itu semua proses laundry membutuhkan waktu yang cukup lama dan tenaga ekstra.

Kegiatan menyetrika baju pekerjaan yang berat untuk dilakukan. Mungkin jika diurutkan dari proses mencuci, pekerjaan menyetrika pakaian jadi paling sulit dilakukan. Masyarakat sekarang lebih menyukai pekerjaan yang simple dan praktis. 

Tarif yang dibutuhkan tergolong murah. Rata-rata penyedia jasa laundry, tidak mematok harga yang terlalu mahal untuk sekali cuci hingga proses selesai. harga yang tergolong murah ini tentu saja tidak terlalu membebani kepada pelanggannya, jika dibandingkan ia harus mencucinya sendiri

Penyedia layanan laundry biasanya memiliki keahlian khusus untuk mencuci berbagai jenis bahan pakaian. Bahan pakaian berbulu tidak mungkin sama cara mencucinya dengan pakaian jenis kulit. Karena itu keahlian mencuci secara spesific ini dibutuhkan oleh masyarakat untuk merawat sekaligus membersihkan pakaiannya tersebut.

 

2. Kelebihan Usaha Laundry

Terdapat beberapa alasan, kenapa jenis usaha ini menjadi salah satu primadona untuk dijalankan, khususnya lingkungan kampus di daerah perkotaan. 

2.1 Dapat dimulai dari rumah sekalipun

Usaha laundry tidak memerlukan tempat serta peralatan yang terlalu detail. Cukup sediakan space kosong di bagian rumah anda dan mesin cuci untuk alat utamanya. Dengan ini Anda sudah bisa menjalankan bisnis anda sendiri dirumah Anda

2.2 Tidak Mengenal Musim

Menjaga kebersihan memang tidak mengenal waktu. Akan terasa kurang nyaman jika tidak menjaga kebersihan terutama pakaian yang kita kenakan sehari-hari. inilah salah satu kenapa bisnis laundry bukan bisnis musiman. Karena memang dibutuhkan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari

2.3 ROI yang Tinggi

ROI (Return of investment) bisnis laundry tergolong terbilang tinggi. Mencapai 20-35% jika dibandingkan dengan bisnis kecil lainnya. Dalam 5 tahun pertama terbilang tingkat kelangsungan bisnis lebih tinggi daripada startup lainnya.

2.4 Mudah dipelajari

Salah satu bisnis yang tidak membutuhkan terlalu banyak skill adalah bisnis laundry. Karena proses mencuci mengandalkan mesin cuci. Cukup mempelajari cara kerja untuk menjalankan mesin cuci. Kecuali untuk bahan pakaian tertentu yang membutuhkan perlakukan khusus.

2.5 Modal relatif kecil

Untuk membangun suatu bisnis laundry modal yang dibutuhkan terbilang kecil. Berkisar antara 5-10 juta. Sebagian dari modal dihabiskan untuk membeli mesin cuci dengan harga sekitar 2-3 jutaan untuk kelas standarnya.

2.6 Resisten 

Maksud dari resisten adalah tidak terpengaruh ketika keadaan ekonomi terguncang, seperti krisis global. Selama manusia membutuhkan pakaian bersih, maka laundry akan terus berdiri.

 

3. Kelemahan Usaha Laundry

Setiap usaha tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. berikut simak beberapa kelemahan bisnis laundry lengkap beserta solusinya.

3.1 Terlalu banyak kompetitor.

Karena mudahnya menjalankan laundry, maka kompetitor pun makin banyak. Strategi marketing solid yang akan membuat bisnis Anda bertahan. Ditambah dukungan manajemen sistem yang baik agar terlihat lebih profesional dan optimal. 

3.2 Terjadi penipuan

Hal ini sering kali terjadi, penipuan yang dilakukan oleh karyawan laundry Anda sendiri karena tidak adanya manajemen keuangan dan transaksi yang jelas. 

3.3 Manajemen yang tidak efisien

Permasalahan ini menjadi permasalahan krusial yang akan merambat ke proses lainnya. Tidak adanya manajemen laundry bisa menyebabkan proses pengerjaan, transaksi akan amburadul berdampak pada kepuasan pelanggan akan menurun. 

3.4 Terkendala Cuaca

Untuk membeli sebuah alat pengering pakaian dana yang dikeluarkan terbilang mahal, Anda yang menjalankan laundry dengan modal minim, mengandalkan panas dari sinar matahari untuk mengeringkan pakaian. Namun Anda akan mengalami kesulitan jika cuaca pada hari itu tidak mendukung.

3.5 Keluhan pelanggan

Meskipun terbilang tidak terguncang terhadap krisis ekonomi, namun berbeda halnya dengan keluhan pelanggan. Pelanggan tidak mau tahu background process bisnis Anda, yang utama adalah pelanggan terpuaskan. Pelanggan yang tidak puas atas jasa bisnis Anda sulit untuk jadi pelanggan setia dan parahnya lagi, jika pelanggan tersebut cerita ke orang lain. Dan beresiko terhadap kelangsungan bisnis Anda.

 

4. Jenis Laundry

4.1 Laundry Kiloan

Jenis laundry ini yang umum ditemui. Laundry kiloan menggunakan sistem pembayaran berdasarkan berat material per kilo yang di laundry. Dipasaran biasanya laundry kiloan dimulai dengan rentang harga 5000 – 10000 untuk material per kilonya,

4.2 Laundry Koin

laundry koin menerapkan sistem self service yaitu Anda mencuci pakaian sendiri dengan mesin cuci yang telah disediakan. Untuk mengoperasikan mesin cucinya, Anda diwajibkan memiliki token/logam/koin sesuai dengan ketentuan yang diterapkan oleh tempat laundry tersebut. Biasanya untuk mendapatkan koin tersebut, Anda harus melakukan transaksi terlebih dahulu menggunakan vending machine atau karyawan yang ada di tempat laundry tersebut.

1 koin ini dapat digunakan dalam 15 menit, dengan kapasitas mesin cuci 10kg. Harga per koin berkisar Rp 10.000 – Rp 15.000.

4.3 Laundry Digital

Mirip seperti laundry koin, laundry digital juga menerapkan sistem self service pada layanannya. Bedanya, karena sudah digital, kita tidak perlu membeli koin, namun hanya top up mengisi saldo pada aplikasi. Untuk top-up biasanya minimal dikenakan harga Rp 10.000. Dan menariknya lagi biasanya dilengkapi dengan sistem antar jemput

4.4 Laundry Konvensional

Jenis laundry ini menyediakan layanan yang lebih spesifik, dengan memberi perlakuan berbeda untuk setiap pakaian yang dibawa oleh pelanggan. Karena lebih spesifik, modal yang dibutuhkan cukup besar. Apalagi terdapat layanan dry clean di salah satu servicenya. Untuk tarif untuk mencuci satu jas diperkirakan Rp 17.000 – Rp 36.000

4.5 Laundry Bisnis

Laundry bisnis memiliki market yang berbeda dengan yang lainnya. Market laundry ini adalah perusahaan atau kantor dengan target sekali cuci dalam skala besar. Peralatan yang tersedia harus memadai karena setiap perusahaan memiliki standar berbeda yang harus dipenuhi oleh pengusaha laundry.

4.6 Laundry hotel

Seperti halnya laundry bisnis, laundry hotel mencuci berbagai jenis bahan textile mulai dari bed cover, sprei, tirai dan juga berbagai macam pakaian dari tamu hotel dengan kebutuhan tertentu. Bisnis ini cukup potensial sekaligus menjadi tantangan tersendiri.

4.7 Laundry Sepatu

Berfokus pada barang yaitu sepatu, pengusaha laundry sepatu harus mempunyai pengetahuan dan skill yang cukup untuk mencuci sepatu. Karena sepatu memiliki jenis bahan yang bermacam-macam. Sepatu dari canvas tentu berbeda cara mencucinya dengan sepatu yang terbuat dari bahan kulit. Tarif untuk mencuci sepatu mulai dari harga Rp 30.000 – Rp 150.000, tergantung dari bahan dan layanan jenis cuci yang ditawarkan.

4.8 Laundry Express

Laundry express menjual jasa cuci yang sangat cepat. Perlu peralatan seperti mesin cuci yang dapat mencuci dengan cepat sekaligus bersih. Dan juga karyawan yang memiliki dedikasi tinggi dan cekatan sehingga proses pencucian dapat dijalankan sesuai dengan standar.

 

5. Langkah awal bisnis laundry

Sebelumnya telah disampaikan beberapa point penting dari laundry, mulai dari sejarah, kelebihan dan kekurangan serta berbagai macam jenis laundry yang umum ada di masyarakat. Tentunya Anda telah memiliki gambaran besar, tentang usaha laundry yang akan Anda buka. Anda juga dapat bekerjasama dengan penyedia paket usaha laundry pemula untuk mempermudah proses membangun bisnis laundry. Agar nantinya berjalan dengan lancar, simak beberapa tips berikut ini ketika memulai bisnis laundry mulai dari nol:

5.1 Tentukan Jenis Laundry sesuai dengan kemampuan

Sebelumnya telah dibahas tentang beberapa jenis laundry sesuai dengan target market masing-masing. Untuk pemula, Anda bisa mencoba bisnis laundry kecil dimulai dari rumah anda sendiri sesuai dengan kemampuan. Tidak memungkiri jika anda membuat usaha laundry ekspress atau laundry konvensional dengan pertimbangan modal dan target market.

5.2 Analisis Kompetitor

Untuk memulai suatu bisnis tentu tidak luput akan hal ini. Baik memulai usaha laundry rumahan atau skala yang lebih besar. Dengan mengamati kompetitor Anda akan mengetahui kelemahan dan keunggulannya, sehingga Anda dapat menyiapkan strategi terbaik untuk bisnis Anda. 

5.3 Siapkan Business Plan yang Matang

Setiap bisnis pasti memiliki perjalanan masing-masing. Oleh karenanya untuk meminimalisir suka duka usaha laundry, membutuhkan business plan yang matang. Anda dapat memulai mempersiapkan manajemen pencucian dari hal yang sederhana. Proses mencuci hingga baju terpacking dengan rapi.

5.4 Siapkan Layanan Laundry Antar Jemput

Jangan anggap remeh layanan satu ini. Justru milenial sangat butuh layanan yang praktis seperti layanan laundry antar jemput yang sangat membantu di masa pandemi.

5.5 Strategi Marketing yang Unik dan Kreatif

Terdapat berbagai macam cara menciptakan marketing unik dan kreatif, salah satunya dengan promo atau diskon. Untuk usaha laundry Anda dapat menggunakan promo seperti laundry 10 kg cashback 15% atau yang lainnya. Tergantung seberapa unik dan kreatif untuk menciptakan strategi marketing. Juga manfaatkan secara optimal penggunaan sosial media, karena target market sekarang adalah orang yang tidak terlepas dari penggunaan sosial media. Anda juga dapat menggunakan sosial media sebagai media untuk layanan antar jemput.

5.6 Lokasi yang strategis

Pemilihan lokasi bisnis tentunya berdampak pada kelangsungan bisnis itu sendiri. Pertimbangkan dengan matang nantinya usaha laundry Anda akan beroperasi dimana. Biasanya lokasi yang cukup dekat dengan kawasan perkantoran dan kampus menjadi favorit para pengusaha laundry. Dan jangan lupa, sesuaikan pemilihan lokasi dengan modal Anda. 

5.7 Manajemen operasional dan hingga disiplin waktu mencuci yang efektif.

Sebagai pengusaha laundry Anda dituntut untuk memiliki manajemen yang baik, agar bisnis Anda berjalan dengan lancar. Untuk permulaan, Anda harus mengetahui beberapa teknik mencuci, waktu yang dibutuhkan, kapasitas mesin cuci dan sebagainya. Hal ini dimaksudkan agar Anda dapat mengestimasi berapa lama waktu mencuci pakaian dari seorang pelanggan. Selain itu Anda juga perlu mempersiapkan solusi ketika kendala terjadi, seperti air yang mati.

5.8 Harga yang sesuai target market

Permainan harga selalu menjadi hal yang menarik bagi pengusaha. Perhatikan kompetitor sekitar sebelum menetapkan harga standar untuk usaha laundry Anda. Namun ini juga disesuaikan dengan pelayanan yang Anda punya.

5.9 Sistem Pengelolaan Profit dan Keuangan.

Yang sering dilewatkan oleh para pelaku usaha laundry pemula adalah pengelolaan keuangan. Bisnis tidak akan berkembang dengan pengelolaan keuntungan yang buruk. Alhasil bisnis Anda tutup ditengah jalan. Smartlink memahami apa yang dirasakan oleh pengusaha laundry pemula. Oleh karenanya, Smartlink menghadirkan produk smart owner yang bukan hanya pintar dalam mengelola keuangan, namun juga manajemen produksi dan kasir. Cari tahu lebih banyak tentang SmartOwner disini.

5.10 Promosi di awal

Ciptakan konsep usaha laundry yang menarik bagi para customer Anda. Untuk mendapat perhatian dari customer, Anda perlu membuat promosi di awal. Ini sebagai strategi brand awareness agar usaha laundry Anda dikenal. Promosi 20 member pertama gratis 3kg cuci dapat menjadi konsep usaha laundry untuk promosi di awal pembukaan.

5.11 Ciptakan Paket Khusus

Kelompokkan beberapa layanan yang ada, dalam beberapa paket. Ini akan mempermudah customer Anda untuk memilih layanan laundry sesuai dengan kebutuhan. Pada umumnya, pakai yang ramai digunakan adalah paket cuci kilat, karena prosesnya yang cepat. Pilihan menarik bagi customer adalah tersedianya berbagai macam pilihan parfum untuk pakaian mereka. Anda dapat memasukkan pilihan parfum ke dalam paket layanan laundry Anda.

5.12 Proyeksikan Bisnis Laundry Anda kedepannya

Setelah bisnis laundry Anda berjalan dengan lancar, Anda perlu melihat prospek laundry kedepannya. Agar usaha Anda tetap eksis dan berkembang. Melihat dari perubahan-perubahan customer behavior, Smartlink juga membantu para pengusaha laundry untuk melihat prospek laundry untuk jangka panjang. Yaitu melakukan peralihan dari model bisnis lama menjadi model bisnis yang baru. Maksudnya? Usaha laundry kiloan, laundry konvensional atau yang lain menjadi bisnis laundry digital. 

5.13 Rekrut karyawan dengan Baik

Langkah berikutnya untuk menunjang kelangsungan bisnis Anda adalah pilih karyawan yang mau belajar dan memiliki dedikasi. karena proses mencuci ini membutuhkan para pegawai yang cermat dan tekun. Jika ragu, Anda dapat membuat test di awal.

6. Berapa modal awal usaha laundry?

Modal awal usaha laundry berada di kisaran 5-10 juta. Namun jika Anda memiliki modal yang lebih besar, Anda dapat membuat bisnis laundry yang lebih besar dan profesional. Agar tidak bingung, berikut adalah contoh rincian biayanya:

Modal investasi awal

2 unit mesin cuci                  Rp 4.000.000,-

1 unit mesin pengering          Rp 1.700.000,-

5 unit setrika                           Rp 400.000,-

1 unit timbangan digital         Rp 250.000,-

Renovasi ruangan                   Rp 750.000,-

Set meja kursi                         Rp 400.000,-

Promosi awal                          Rp 700.000,-

Total investasi awal                Rp 8.200.000,-

Biaya Operasional Bulanan

Listrik                                     Rp 550.000,-

Detergen                                 Rp 450.000,-

Pewangi                                  Rp 150.000,-

Gaji karyawan                        Rp 800.000,-

Air                                           Rp 300.000,-

Bensin antar jemput               Rp 150.000,-

Lain-lain                                 Rp 200.000,-

Total biaya operasional bulanan Rp 2.600.000

Berdasarkan perhitungan di atas, modal pertama yang harus dikeluarkan adalah Rp 10.800.000 

Berapa Omset Laundry Perbulan?

Pertanyaan ini sering muncul ketika Anda berfikir untuk membuka suatu bisnis laundry. Untuk lebih jelasnya, mari perhatikan asumsi berikut:

Order 30 Hari Harga Per kg Target Pendapatan 30 Hari
45kg/hari x 30 = 135 Rp 5.000 Rp 6.750.000
Asumsi Keuntungan Perbulan Rp 6.750.000 – Rp 2.600.000 = Rp 4.150.000

Jadi untuk pendapatan bersihnya perbulan Anda dapat meraup keuntungan sebesar Rp 4.150.000 untuk setiap outlet.

7. Apa saja yang harus di siapkan untuk bisnis laundry?

Untuk memulai bisnis laundry, Anda perlu beberapa peralatan penunjang untuk menjalankan bisnis Anda dengan lancar. Berikut ini terdapat beberapa peralatan yang bisa Anda persiapkan :

  • Mesin Cuci
  • Mesin Pengering
  • Setrika dan Papan Setrika
  • Sabun Cuci dan Detergen
  • Pewangi Pakaian
  • Timbangan
  • Rak Baju
  • Gantungan Baju
  • Plastik Kemasan Laundry
  • Biaya Belanja Pegawai

8. Pembukuan Laundry.

Hal yang sering terjadi pada bisnis laundry pada umumnya adalah tidak menuliskan pembukuan pada setiap detail prosesnya. Pembukuan yang rapi, alur yang jelas akan membuat bisnis laundry Anda berjalan dengan baik. Namun, di era digital ini hanya sedikit sekali yang masih mau melakukan pembukuan secara manual. 

Untungnya, Smartlink sangat mengerti cara terbaik yang dapat ditawarkan demi para pengusaha laundry. Dengan satu aplikasi saja, para pengusaha laundry dapat melihat laporan dan progress dari outletnya. Sangat bermanfaat sekali terutama untuk para pemula yang baru memulai bisnisnya.

9. Kesimpulan

Membuka usaha laundry tidak selalu membutuhkan modal yang besar, Anda dapat memulainya dari rumah. Namun sebelum memulai, Anda harus mengetahui seluk beluk laundry terlebih dahulu. Membaca contoh usaha laundry kiloan juga dapat dilakukan sebagai bahan referensi. Dengan memahaminya, Anda dapat melakukan proyeksi bisnis untuk beberapa waktu kedepan. Untuk menunjang keberhasilan Anda menjadi pengusaha laundry yang sukses, gunakan sistem penunjang seperti Aplikasi Laundry Smartlink. Anda dapat memantau setiap detail kegiatan yang berlangsung di outlet hanya dalam satu genggaman!