Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Mesin Pengering Pakaian, Cek di Sini

Smartlink

Ilustrasi menggunakan mesin pengering pakaian. Foto: Unsplash.com

Apakah Anda sedang mencari informasi seputar produk mesin pengering pakaian mini? Jika demikian, pastikan Anda menyimak artikel ini hingga akhir. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui informasi seputar mesin yang satu ini.

Seperti namanya, mesin pengering mini merupakan dryer berukuran kecil yang bisa dibawa ke mana pun dan cukup fleksibel saat digunakan. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap terkait mesin pengering pakaian mini, berikut uraian selengkapnya.

Apa Itu Mesin Pengering Pakaian Mini?

Mesin pengering pakaian mini merupakan mesin yang dirancang khusus untuk mengeringkan pakaian dengan jumlah terbatas. Umumnya, mesin dryer laundry ini digunakan untuk skala rumah tangga maupun saat bepergian. Tak heran jika mesin pengering mini juga dikenal sebagai pengering baju portable.

Seperti yang sudah disebutkan bahwa mesin pengering mini memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan mesin dryer berukuran standar. Itulah sebabnya, mesin pengering mini cocok diletakkan untuk ruang yang sempit dan terbatas.

Perlu Anda pahami pula bahwa mesin pengering mini memiliki kapasitas yang terbatas. Biasanya, mesin pengering mini hanya mampu memproses pakaian sekitar 2 hingga 5 kilogram dalam satu siklus pengeringan.

Berapa Watt Mesin Pengering Pakaian Mini?

Oleh karena mesin pengering mini memiliki kapasitas kecil, konsumsi daya yang dibutuhkan juga tak terlalu besar. Beberapa produk pengering baju mini bahkan dirancang dengan mode dual daya, yakni bekerja langsung dengan daya listrik atau melalui daya USB. 

Umumnya, mesin pengering mini memerlukan daya kurang dari 100 Watt. Besaran daya tersebut tentu jauh lebih kecil dibandingkan mesin pengering standar yang konsumsi dayanya mencapai ribuan Watt.

Karena alasan itulah, mesin dryer pakaian mini banyak digunakan untuk keperluan merawat baju pribadi dalam jumlah kecil. Selain dinilai lebih efektif, mesin pengering berukuran mini juga lebih hemat listrik.

Bagaimana Cara Kerja Mesin Pengering Pakaian?

Ilustrasi mengeringkan pakaian menggunakan mesin dryer. Foto: Unsplash.com

Secara keseluruhan, cara kerja mesin pengering standar maupun mini tak jauh berbeda. Sebab, keduanya memiliki prinsip dasar menghilangkan kelembapan pakaian menggunakan panas dan sirkulasi udara.

Untuk menggunakan mesin pengering standar maupun mini, Anda hanya perlu memasukkan baju yang sudah dicuci ke dalam drum mesin. Hindari untuk memasukan pakaian terlalu banyak agar sirkulasi udara di dalamnya tidak terganggu.

Selanjutnya, Anda perlu mengatur setting pengeringan sesuai kebutuhan berdasarkan jenis pakaian hingga tingkat kekeringan yang diinginkan. Dalam tahap ini, Anda bisa mengatur suhu, durasi pengeringan, dan sebagainya.

Selanjutnya, tunggu mesin pengering melakukan proses pemanasan sebelum proses pengeringan dilakukan. Lalu, Anda hanya perlu menunggu hingga mesin melakukan proses pengeringan baju dengan sempurna.

Saat proses pengeringan berlangsung, udara yang mengandung uap air dari pakaian dikeluarkan dari drum dan dikirim melalui lintasan udara panas ke kondensor. Di dalam  kondensor, udara panas bertemu dengan pipa berpendingin, yang berfungsi mendinginkan udara dan mengubah uap air kembali menjadi air. Selanjutnya, air hasil kondensasi dialirkan ke tangki khusus di dalam mesin pengering atau diarahkan ke saluran pembuangan air.

Setelah pengeringan selesai, mesin pengering memberikan tanda untuk menginformasikan bahwa pakaian telah kering. Anda dapat mengeluarkan pakaian dari mesin kemudian melipat atau menggantungkannya sesuai kebutuhan.

Berapa Lama Mengeringkan Pakaian di Mesin Pengering?

Perlu Anda pahami bahwa durasi yang diperlukan untuk mengeringkan pakaian di mesin pengering mini dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk kapasitas, jenis pakaian yang dimuat, suhu pengeringan, dan tingkat kekeringan yang diinginkan.

Biasanya, mesin pengering mini akan memerlukan waktu lebih lama dibandingkan dengan mesin dryer laundry standar karena kapasitasnya yang lebih kecil dan konsumsi daya yang lebih rendah. 

Mengutip laman Mr. Appliances, durasi pengeringan pakaian menggunakan mesin pengering standar umumnya memerlukan waktu sekitar 30 hingga 45 menit. Sedangkan untuk mesin pengering mini memerlukan waktu pengeringan sedikitnya 45 hingga 60 menit. Bahkan, untuk jenis pakaian tebal memerlukan waktu lebih dari satu jam.

Kisaran Harga Mesin Pengering Pakaian Mini

Mesin pengering mini biasanya lebih terjangkau daripada mesin pengering pakaian standar. Hal tersebut karena kapasitasnya yang lebih kecil. Lebih lengkapnya, berikut rincian kisaran harga mesin pengering pakaian berukuran mini yang bisa Anda jadikan referensi.

Mesin pengering mini dengan daya listrik

Harga untuk jenis mesin pengering mini ini berkisar antara Rp1 juta hingga Rp3 juta, bergantung pada merek, kapasitas, dan fitur-fitur tambahan yang disertakan.

Mesin pengering mini portable

Mesin pengering mini portabel memiliki harga berkisar antara Rp500 ribu hingga Rp1,5 juta per unitnya.

Saat ini sudah banyak merek terkenal yang menghadirkan mesin pengering mini maupun portable dengan sejumlah fitur canggih. Pastikan untuk membandingkan harga dan spesifikasi sebelum membeli mesin pengering mini. Pertimbangkan pula kebutuhan Anda agar dapat memilih produk mesin pengering sesuai anggaran yang Anda miliki.

Kesimpulan

Mesin pengering pakaian mini adalah perangkat kecil yang dirancang untuk mengeringkan pakaian dengan jumlah terbatas. Umumnya, mesin pengering mini memiliki konsumsi daya yang lebih rendah dibandingkan mesin pengering standar. 

Beberapa informasi seputar mesin pengering mini di atas diharapkan dapat membantu Anda dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, Anda lebih mudah dalam menyiapkan budget sesuai anggaran masing-masing.