Merawat Mesin Pengering Laundry Yang Benar

Deny Andrianto

merawat mesin pengering laundry
Sumber : whirlpool.com

Memiliki mesin pengering laundry dirumah atau di tempat usaha Anda adalah suatu kenyamanan tersendiri. Adanya mesin pengering untuk laundry memiliki beberapa keistimewaan seperti tidak khawatir mengeringkan pakaian ketika cuaca buruk, lebih hemat waktu serta membuat pakaian bebas dari jamur.

Namun harga untuk membeli sebuah mesin pengering tentu harganya tidak murah. Harga dari 1 mesin pengering bisa jadi lebih mahal dari mesin cuci lengkap dengan dryer tersendiri. Oleh karenanya, mesin pengering ini biasanya lebih sering dipakai oleh para pengusaha laundry yang memiliki modal cukup besar.

Akan sangat disayangkan apabila nantinya mesin pengering laundry ini mengalami kerusakan. Membutuhkan biaya lumayan besar untuk memperbaiki mesin pengering laundry mengingat harganya yang mahal. Hal ini tentunya membuat kepala Anda pusing! 

Untuk menghindari kerusakan pada mesin pengering laundry, setidaknya kita mengetahui cara melakukan perawatan secara berkala. Yuk mari kita bahas cara merawat mesin pengering laundry yang benar!


Membersihkan Gasket

Langkah awal dalam merawat mesin pengering laundry yang dapat Anda bersihkan terlebih dahulu adalah bagian gasket. Gasket merupakan karet pada pintu pengering. Bagian ini seringkali dihinggapi oleh lumut, debu dan noda bercak kehitaman, sehingga perlu dibersihkan. Pembersihan bagian gasket dapat dilakukan dengan cara menggosok bagian kotor dengan sikat sampai bersih, atau melepas gasket kemudian mencuci bersih dan ditempatkan kembali seperti posisi awal. Kondisi prima dari sebuah gasket dapat membantu melakukan fungsi pekerjaannya secara optimal.


Membersihkan Laci Mesin Pengering Laundry

Tidak hanya gasket, bagian mesin pengering berikutnya yang harus dibersihkan adalah bagian laci mesin. Bagian tersebut berfungsi sebagai tempat menyimpan deterjen dan softener. Agar melindungi mesin senantiasa terletak dalam keadaan maksimal, hendaknya Anda bilas bagian laci itu tadi dengan memakai perlengkapan sikat halus, seperti sikat gigi bekas.

Dalam mensterilkan bagian yang satu ini pastikan untuk melenyapkan tiap bercak yang melekat padanya dengan lebih bersih 


Membersihkan Tabung Mesin

Merawat mesin pengering laundry yang berikutnya adalah mensterilkan bagian tabung, Anda dapat memakai bahan pemutih baju atau pakaian berupa cairan yang digunakan dalam proses pembersihan. Pastikanlah memakai pemutih tersebut dengan ukuran 0, 5 sampai 1 liter. Lalu sesuaikan dengan kapasitas yang dimiliki oleh jenis mesin mencuci yang Anda pakai. Berbeda kondisinya jika mesin pengering dalam kondisi tidak terlalu kotor. Anda dapat memakai deterjen cair untuk membersihkannya.

Dengan menggunakan jenis detergen ini, kotoran dapat dibersihkan secara lebih mudah. Tabung perlu secara rutin dibersihkan agar kotoran tidak menempel permanen.


Membersihkan Saluran Air dan Udara

salurang air dan udara mesin pengering
Sumber : thespruce.com

Saluran pembuangan merupakan salah satu bagian terpenting dalam merawat mesin pengering laundry. Resiko penyumbatan dalam saluran pembuangan akan menyebabkan terjadinya kebakaran. Di Amerika Serikat, kasus kebakaran akibat mesin pengering mencapai 16800 kasus. Menyebabkan korban meninggal, cedera dan kerusakan properti. Setelah diperiksa, nyatanya terdapat penyumbatan pada area saluran pembuangan.

Untuk mencegah hal buruk ini terjadi, Anda dapat menjaga kebersihan saluran secara berkala.

Untuk melakukan pembersihan ini, Anda harus memposisikan mesin pengerin dalam keadaan mati. Lalu, keluarkanlah air bersih yang ada di bagian dalamnya. Setelah itu saringan dari pembuangan air itu juga bisa Anda bilas dengan memakai kombinasi air hangat dan deterjen. Dalam mensterilkan bagian satu ini pastikanlah melakukan dengan lebih hati- hati, sehingga saringan dari pembuangan air tidak tersumbat serta mesin pengering laundry bisa beroperasional dengan lebih baik.


Hindari Overload dari Pakaian yang Dimasukkan

mesin pengering laundry
Sumber : thespruce.com

Memasukkan pakaian dalam jumlah besar melebihi standar mungkin akan mempersingkat waktu Anda. Namun cara ini tidak dianjurkan karena ruang dan udara yang dibutuhkan dalam ruangan akan makin sedikit. Sehingga menyebabkan kerusakan jika dilakukan terus menerus.


Kesimpulan

Perawatan dasar mesin pengering laundry tidak terlalu sulit. Melakukan perawatan dapat menghemat biaya perbaikan dari kerusakan dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan sebelumnya dalam artikel merawat mesin pengering laundry.