Laundry Koin, Cara Menggunakan Serta Keuntungannya!

Deny Andrianto

laundry koin

1. Pengertian Laundry Koin

Laundry Koin merupakan jenis laundry yang menggunakan layanan laundry self service dimana kustomer mencuci pakaiannya sendiri dengan mesin cuci koin yang telah tersedia. Metode pembayarannya menggunakan koin, token atau uang logam. Jika Anda sering menonton film Mr. Bean, terdapat scene dimana Mr. Bean mencuci pakaiannya sendiri di tempat cuci dengan sistem laundry koin. Kurang lebih, seperti itulah gambaran besar tentang sistem laundry koin. Meskipun jenis laundry ini sudah lama familiar di luar negeri, namun baru diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2013.


2. Keuntungan Laundry Koin

Laundry yang memakai sistem koin sebagai pembayaran memiliki kelebihan masing-masing jika dibandingkan dengan laundry lainnya. Ada beberapa keuntungan ketika Anda berniat untuk menjalankan usaha laundry koin daripada jenis laundry lainnya, diantaranya adalah :


2.1 Konsumen Jarang Komplain

Tidak perlu takut mendapat komplain dari kustomer, karena jenis laundry ini mengharuskan pelanggan mencuci pakaiannya sendiri. Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terjadi pada pakaian, maka kustomer yang memiliki tanggung jawab. Kecuali jika kerusakan yang terjadi pada sistem atau mesin cuci. Namun hal ini jarang sekali terjadi.


2.2 Konsumen Lebih Puas

Sistem self service membuat konsumen lebih merasakan keamanan dalam membersihkan pakaiannya sendiri. Berbeda dengan laundry tradisional yang sering mengalami masalah seperti pakaian hilang dan tertukar. Rasa aman inilah yang memberikan kepuasan tersendiri bagi konsumen.


2.3 Biaya Operasional yang Murah

Dengan adanya bisnis laundry koin, Anda tidak membutuhkan jumlah pekerja yang terlalu banyak, karena disupport oleh sistem yang bekerja secara otomatis. Mungkin Anda membutuhkan sekitar 1 orang yang bekerja sebagai kasir pada setiap outletnya.


2.4 Bayar di Depan

Keuntungan dari bisnis ini terbilang instan, karena tidak perlu menunggu sampai berhari-hari untuk mendapatkan keuntungan. Jenis laundry ini menggunakan sistem bayar di depan yang artinya untuk menggunakannya, pelanggan harus membayarnya terlebih dahulu.


2.5 Business Plan yang Mudah

Jenis laundry yang mudah untuk dijalankan. Hanya perlu menyediakan tempat, mesin cuci koin, pewangi dan pelembut, bisnis laundry Anda dapat berjalan. 


2.6 Lebih Privasi

Keuntungan lain dari laundry ini adalah memberikan laundry yang lebih privasi untuk para kustomernya. Karena pakaian tidak akan tercampur dengan pakaian dari orang lain seperti yang terjadi pada laundry dengan sistem tradisional. Memberikan keamanan sekaligus kebersihan bebas dari kotoran pakaian orang lain. 


3. Bagaimana Cara Menggunakan Laundry Koin?


cara laundry koin

3.1 Pisahkan Baju yang Halus dan Pakaian yang beresleting

Baju halus yag tercampur dengan pakaian yang beresleting akan mengalami resiko bahan yang rusak karena bergesekan dengan resleting pakaian lain. Baiknya, dari awal sebelum proses mencuci, dapat dipisahkan.


3.2 Tutup Mesin Cuci dan Masukkan Detergen

Setelah semua pakaian masuk ke dalam mesin laundry koin, tutup mesin cuci lalu masukkan detergen. Baiknya Anda menggunakan detergen cair yang disertai pewangi agar tidak bekerja 2 kali. 


3.3 Masukkan Koin

Selanjutnya, masukkan koin yang Anda punya pada tempatnya. Ketika Anda kehabisan koin, Anda bisa membelinya pada karyawan yang ada di tempat laundry tersebut.


3.4 Pilih Suhu Air

Pada mesin cuci biasanya tersedia beberapa suhu air, air panas, hangat dan dingin. Jika Anda memiliki uang lebih, Anda bisa mencoba cuci pakaian dengan air hangat atau panas. Namun untuk Indonesia, air dingin saja sebetulnya sudah cukup. Setelah memilih suhu air, tekan tombol start.


3.5 Mesin Akan Berbunyi Ketika Sudah Selesai

Ketika cucian Anda telah selesai, mesin cuci akan membunyikan buzzer atau pun menampilkan informasi pada LCD. Menandakan pakaian sudah siap untuk dikeringkan.


3.6 Keringkan Cucian Anda

Keluarkan pakaian dari mesin cuci laundry koin, lalu masukkan ke dalam mesin pengering. Jika pakaian Anda relatif bahan halus, gunakan temperatur hangat untuk pengeringan. Namun ketika pakaian Anda lebih banyak bahan berat, gunakan temperatur yang lebih panas. Proses pengeringan ini memakan waktu 20-30 menit.


4. Harga Laundry Koin

Untuk tarif menggunakan laundry koin dengan kapasitas mesin cuci 10kg selama 15 menit dipatok 1 koin. Harga untuk 1 koin berkisar antara Rp 10.000 – Rp 15.000


5. Modal Untuk Membuka Laundry Koin

Menurut pengakuan dari beberapa pengusaha laundy, modal yang dibutuhkan sekitar 150 – 200 juta. Kenapa bisa mahal? Alokasi dana terbesar dihabiskan untuk membeli 3 mesin cuci koin dengan kapasitas 10kg harganya bisa mencapai 30-50 juta rupiah. Dan sisanya untuk pengadaan sumber listrik, air, setrika, parfum dan biaya operasional lainnya.


6. Laundry Koin VS Laundry Digital

Setiap jenis laundry memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Selain memiliki keuntungan yang telah disebutkan sebelumnya, laundry jenis ini juga memiliki kekurangan. 

Adanya teknologi digital juga berpengaruh terhadap perkembangan bisnis laundry yang berinovasi menjadi laundry digital. Semua keperluan laundry dapat dipantau hanya melalui aplikasi. Sistem digital makin memudahkan segala kebutuhan dan meningkatkan keamanan. Informasi selengkapnya dapat dilihat pada artikel laundry digital vs laundry koin.


Kesimpulan

Perkembangan jaman secara tidak langsung merubah model bisnis laundry. Sebagai contoh laundry tradisional berubah menjadi laundry koin. Perubahan ini juga memberi kenyamanan pelanggan ditengah permasalahan yang sering terjadi tanpa ada penyelesaian pada sistem laundry tradisional. 

Untuk membuka laundry jenis ini, perhatikan besaran modal dan harga yang ditentukan sesuai dengan kemampuan pasar. Jangan sampai laundry Anda tidak sesuai dengan kebutuhan pasar saat ini.