Laundry Cuci Sendiri: Definisi, Kelebihan, dan Biayanya

Smartlink

Ilustrasi menggunakan jasa laundry cuci sendiri. Foto: Pexels.com

Inovasi di dunia laundry memungkinkan pelanggan memproses pakaian secara mandiri. Sistem laundry cuci sendiri tersebut dikenal juga sebagai laundry self service. 

Jenis laundry ini semakin populer seiring dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, mulai dari kebebasan pelanggan dalam mengontrol pakaian dan berbagai keunggulan lainnya. Lebih lanjut, simak pemaparan seputar laundry self service berikut ini.

Apa yang Dimaksud Laundry Self Service?

Menyadur Domus Laundry, laundry self service merupakan jenis layanan binatu yang memungkinkan pelanggan melakukan pencucian hingga pengeringan pakaian tanpa bantuan pegawai laundry. Layanan self service pada laundry juga membuat pelanggan jauh lebih puas dan merasa aman. Sebab, risiko pakaian tertukar maupun hal yang tak diinginkan lainnya bisa dihindari.

Umumnya, layanan laundry self service menyediakan mesin pencuci maupun mesin pengering yang bisa dioperasikan langsung oleh pelanggan. Dengan begitu, mereka lebih leluasa dalam mengontrol proses perawatan pakaian masing-masing.

Secara umum, laundry self service bisa berupa layanan binatu dengan sistem pembayaran koin. Nantinya, pelanggan memasukkan sejumlah koin untuk memproses lebih lanjut pakaian mereka hingga akhir.

Kelebihan dan Kekurangan Laundry Self Service

Ilustrasi mencuci pakaian. Foto: Pexels.com

Selain memudahkan pelanggan dalam memantau proses perawatan pakaian, laundry self-service memiliki sejumlah kelebihan lainnya, antara lain:

1. Tingkat keluhan pelanggan rendah

Layanan mandiri pada usaha laundry memungkinkan pelanggan lebih puas terhadap proses pencucian pakaian pribadi. Pasalnya, mereka bertanggung jawab penuh atas pakaian masing-masing saat proses laundry berlangsung.

Inilah mengapa tingkat keluhan pelanggan pada layanan laundry self service tergolong rendah, kecuali jika terdapat masalah pada fasilitas yang disediakan oleh jasa laundry.

2. Biaya operasional lebih murah

Sebagian pebisnis laundry menyediakan layanan self service untuk mengurangi biaya operasional. Sebab, jenis layanan mandiri memungkinkan pemilik bisnis tidak perlu merekrut terlalu banyak pegawai untuk menjalankan operasional laundry.

Dari segi pelanggan, layanan laundry self service tergolong memiliki tarif yang cukup terjangkau sehingga mereka lebih menghemat anggaran untuk mencuci pakaian.

3. Privasi pelanggan lebih terjaga

Kelebihan laundry self service lainnya, yakni privasi pelanggan lebih terjaga sehingga keamanannya lebih terjamin. Selain itu, risiko pakaian pelanggan tertukar ataupun bercampur dengan pelanggan lainnya bisa dihindari. Dengan begitu, kebersihan pakaian pelanggan lebih terjamin.

4. Lebih fleksibel

Mencuci pakaian dengan sistem cuci sendiri menghadirkan kesan fleksibel bagi pelanggan. Sebab, mereka dapat mencuci dan mengeringkan pakaian sesuai dengan jadwal masing-masing.

Meski menawarkan berbagai kelebihan, laundry cuci sendiri kurang cocok bagi seseorang yang memiliki aktivitas padat. Sebab, jasa binatu yang satu ini mengharuskan pelanggan memproses pakaian dari awal hingga akhir. Dalam artian, pelanggan tidak bisa meninggalkan pakaian yang dicuci di tempat laundry.

Bagaimana Cara Menggunakan Laundry Koin?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, salah satu jenis laundry self service yang cukup populer yaitu laundry koin. Layanan laundry ini terbilang baru di Indonesia. Sebab, laundry koin baru masuk ke tanah air pada tahun 2013.

Itulah sebabnya, sebagian orang masih belum memahami cara menggunakan laundry koin. Di bawah ini merupakan langkah-langkah yang perlu Anda lakukan saat menggunakan layanan laundry koin.

1. Pisahkan jenis pakaian

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan, yakni memisahkan jenis pakaian. Anda dapat memisahkan jenis pakaian beresleting untuk mencegah kerusakan pada pakaian lainnya. Setelah pakaian sudah dipisahkan, Anda bisa memasukkannya ke dalam mesin cuci.

2. Tambahkan deterjen

Setelah pakaian dimasukkan, tutup mesin cuci dan tambahkan deterjen pada tempatnya. Ada baiknya Anda menggunakan jenis deterjen cair dengan kandungan pewangi untuk mengefisiensi proses mencuci pakaian.

3. Masukkan koin

Setelah itu, masukkan koin pada tempatnya. Saat Anda kehabisan koin untuk mencuci, Anda dapat membelinya melalui pegawai di tempat laundry tersebut.

4. Atur suhu air

Selanjutnya, atur suhu air sesuai dengan jenis pakaian yang Anda cuci. Umumnya, Anda bisa memilih suhu air mulai dari panas, hangat, hingga dingin. Setelah mengatur suhu air sesuai kebutuhan, tekan tombol ‘Start’.

5. Tunggu proses mencuci selesai

Berikutnya, Anda hanya perlu menunggu cucian selesai diproses. Biasanya, mesin cuci akan berbunyi atau memunculkan informasi pada LCD yang menandakan pakaian Anda selesai dicuci dan siap dikeringkan.

6. Keringkan pakaian

Terakhir, pindahkan pakaian yang sudah dicuci ke mesin pengering. Atur suhu sesuai kebutuhan dan tunggu hingga proses pengeringan pakaian selesai. Idealnya, proses mengeringkan pakaian memakan waktu sekitar 20 menit.

Berapa Biaya Laundry Koin?

Tarif laundry koin biasanya ditentukan berdasarkan harga per koin. Menurut informasi yang dihimpun, 1 koin laundry dijual dengan kisaran harga Rp10.000 hingga Rp15.000. 

Akan tetapi, beberapa penyedia jasa laundry koin memberlakukan sistem kiloan dengan harga mulai dari Rp3.000 hingga Rp4.000 per kilogram. Kisaran tarif layanan laundry koin tersebut terbilang relatif terjangkau dan bergantung pada sejumlah faktor, mulai dari lokasi penyedia laundry hingga jenis perawatan pakaian yang dipilih.

Untuk memastikan biaya laundry koin, Anda bisa mendatangi penyedia laundry self service terdekat. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui rincian tarif layanan lebih detail dan menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Kesimpulan

Laundry cuci sendiri atau self service merupakan salah satu terobosan di bidang penyediaan jasa binatu. Jenis layanan laundry yang satu ini bisa dibilang cukup menguntungkan bagi pelanggan maupun pemilik bisnis. Tak heran jika jenis laundry ini semakin diminati dan memunculkan peluang bisnis laundry koin yang menjanjikan.