Cara Mengeringkan Pakaian di Mesin Cuci Sesuai Jenisnya

Smartlink

Ilustrasi mengeringkan baju di mesin cuci. Foto: Unsplash.com

Cara mengeringkan pakaian di mesin cuci sebenarnya tak terlalu rumit. Hanya perlu beberapa langkah saja, Anda bisa mengeringkan pakaian dengan cepat dan efisien.

Seperti yang diketahui, hampir sebagian produk mesin cuci telah dilengkapi dengan fitur pengering. Fitur tersebut bisa meningkatkan efisiensi pekerjaan, terlebih saat cuaca tak menentu. Berkat adanya fitur pengering pakaian, Anda tak perlu lagi menjemur cucian di bawah sinar matahari dalam waktu yang lama.

Lantas, bagaimana cara mengeringkan pakaian menggunakan mesin cuci? Simak uraian berikut selengkapnya. 

Apakah Mesin Cuci Bisa Mengeringkan Pakaian?

Seiring kebutuhan masyarakat untuk mencuci dengan praktis, sudah banyak produk mesin cuci yang menyertakan fitur pengering. Teknologi pengering pakaian memudahkan dalam membuang sisa air pada cucian sehingga Anda tak perlu memeras dan menjemur pakaian dalam waktu yang lama.

Anda hanya perlu menekan tombol untuk mengeringkan baju di mesin cuci atau mengatur setting siklus pengeringan pada mesin cuci, maka pakaian akan diproses dengan lebih efektif.

Namun, perlu dicatat bahwa mengeringkan pakaian menggunakan mesin cuci perlu memperhatikan petunjuk perawatan pada label baju. Pasalnya, beberapa jenis kain pada pakaian justru lebih baik dikeringkan secara manual. Tujuannya tak lain untuk menghindari terjadinya risiko kerusakan ataupun perubahan bentuk pada pakaian.

Pada mesin cuci dengan fitur pengering, umumnya dilengkapi dengan teknologi spin air dry. Teknologi tersebut berfungsi memusatkan air dari pakaian yang telah dicuci. 

Berbeda dengan jenis pengering biasa, teknologi spin air dry tidak menggunakan energi panas untuk mengeringkan pakaian, tetapi menggunakan gaya sentrifugal. Hal itu membuat konsumsi daya pada mesin cuci lebih hemat. Tak hanya itu, proses pengeringan pakaian diklaim lebih singkat.

Cara Mengeringkan Pakaian di Mesin Cuci

Ilustrasi mengatur siklus pengeringan pakaian di mesin cuci. Foto: Unsplash.com

Untuk mengeringkan baju di mesin cuci, Anda perlu menyesuaikan jenis mesin cuci yang digunakan. Pasalnya, penggunaan fitur pengering antara mesin cuci bukaan depan (front load) dengan mesin cuci bukaan atas (top load) cukup berbeda.

Terlebih jika Anda menggunakan mesin cuci dua tabung, Anda perlu memindahkan pakaian dari tabung pencuci ke tabung pengering secara manual. Lebih jelasnya, simak masing-masing metodenya sebagaimana dikutip dari laman Cleanipedia di bawah ini.

Cara Mengeringkan Baju di Mesin Cuci Front Load

Cara mengeringkan baju di mesin cuci front load umumnya dapat dilakukan secara otomatis. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Masukkan pakaian ke mesin cuci front load.
  2. Tambahkan deterjen sesuai kebutuhan.
  3. Atur siklus mencuci (wash), membilas (rinse), dan mengeringkan (spin) sesuai kebutuhan.
  4. Nantinya, mesin cuci secara otomatis memproses setiap siklus sesuai pengaturan yang Anda pilih.
  5. Setelah selesai, jemur pakaian untuk memaksimalkan pengeringan.

Cara Mengeringkan Pakaian di Mesin Cuci 1 Tabung (Top Load)

Hampir sama dengan mesin cuci bukaan depan, jenis mesin cuci yang satu ini dapat mengeringkan pakaian secara otomatis. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Masukkan pakaian ke mesin cuci.
  2. Tambahkan air sesuai kebutuhan.
  3. Masukkan deterjen.
  4. Atur siklus mencuci, membilas, hingga mengeringkan sesuai kebutuhan.
  5. Mulai proses mencuci hingga mengeringkan baju. Pastikan untuk menunggu hingga semua siklus pencucian selesai.
  6. Setelah seluruh proses selesai, jemur pakaian agar kering sempurna.

Cara Mengeringkan Pakaian di Mesin Cuci 2 Tabung (Top Load)

Seperti yang disebutkan sebelumnya, mesin cuci dua tabung mengharuskan Anda memindahkan pakaian dari tabung pencuci ke tabung pengering. Sebab, jenis mesin cuci yang satu ini memproses pencucian dan pengeringan secara terpisah. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Masukkan baju ke dalam tabung pencucian di mesin cuci.
  2. Tambahkan deterjen serta air secukupnya.
  3. Atur durasi untuk siklus mencuci dan membilas baju.
  4. Setelah proses mencuci selesai, pindahkan baju yang telah dibilas ke dalam tabung pengering.
  5. Berikutnya, atur siklus pengeringan sesuai jenis bahan pakaian.
  6. Selesai, jemur baju yang telah dikeringkan agar lebih maksimal.

Cara Mengeringkan Baju di Mesin Cuci agar Tidak Bunyi

Pada kondisi tertentu, mesin cuci mengeluarkan suara yang cukup berisik saat pengeringan berlangsung. Selain dapat mengganggu sekitar, kondisi itu terkadang memunculkan kekhawatiran jika mesin cuci mengalami kerusakan.

Menurut informasi yang dihimpun, bunyi pada mesin cuci saat proses pengeringan berlangsung berasal dari peletakan pakaian yang tidak rata pada tabung pengering. Hal tersebut mengakibatkan tabung akan bergetar keras dan membentur sisi bagian dalam mesin cuci.

Solusi yang dapat dilakukan agar mesin cuci tidak berisik saat pengeringan pakaian berlangsung, yakni memastikan tabung pengering memuat pakaian terlalu banyak. Selain itu, pastikan pula berat beban pada tabung pengering tetap seimbang.

Anda juga bisa memisahkan jenis pakaian sebelum dimasukkan ke dalam mesin cuci. Cara ini bisa meminimalkan risiko mesin cuci berbunyi saat proses pengeringan dilakukan.

Kesimpulan

Hadirnya mesin cuci dengan fitur pengering merupakan salah satu inovasi untuk meningkatkan efisiensi dalam merawat pakaian. Seiring waktu, banyak produk mesin cuci dengan fitur pengering yang menawarkan proses mengeringkan pakaian lebih singkat dengan hasil maksimal.

Kendati demikian, mengetahui tahapan dalam mengeringkan pakaian melalui mesin cuci terbilang penting. Dengan begitu, risiko kerusakan pada pakaian bisa dihindari.

Tak hanya itu, penting pula untuk membedakan metode pengeringan sesuai jenis mesin cuci yang digunakan. Hal itu bertujuan agar mesin cuci tak mengalami kerusakan dan tetap bisa beroperasi dengan optimal.