Cara Laundry Koin yang Perlu Anda Ketahui

Smartlink

Ilustrasi menerapkan cara laundry koin. Foto: Pexels.com

Seiring waktu, inovasi berupa laundry koin makin banyak diminati oleh masyarakat. Meski begitu, informasi seputar cara laundry koin yang benar masih banyak dicari mengingat metode binatu yang satu ini masih tergolong baru di Indonesia.

Laundry koin sendiri baru masuk di tanah air pada tahun 2013. Layanan laundry yang satu ini terbilang unik dan efisien karena memungkinkan pelanggan mencui maupun mengeringkan pakaiannya sendiri.

Apa yang Dimaksud dengan Laundry Koin?

Laundry koin merupakan jenis layanan binatu mandiri yang memfasilitasi pelanggan untuk mencuci dan mengeringkan pakaian masing-masing tanpa bantuan pegawai laundry. Melalui layanan laundry koin, pelanggan bisa mengoperasikan mesin cuci maupun mesin pengering yang disediakan oleh tempat laundry.

Seperti namanya, laundry koin mengharuskan pelanggan memasukkan sejumlah koin untuk menggunakan fasilitas pencucian pakaian. Setelah itu, pelanggan bisa memproses pakaian masing-masing.

Apa Keuntungan Laundry Koin?

Kehadiran laundry koin tak hanya menguntungkan pihak penyedia jasa, namun juga memudahkan pelanggan dalam mengontrol perawatan pakaian pribadi. Berikut sejumlah keuntungan jika Anda menggunakan laundry koin.

1. Meningkatkan kepuasan pelanggan

Layanan pribadi atau self service pada laundry koin memungkinkan kepuasan pelanggan dapat ditingkatkan. Pasalnya, jenis laundry yang satu ini memberi kebebasan pada pelanggan untuk mengatur pencucian masing-masing sehingga risiko keluhan dapat dihindari.

Di samping itu, laundry koin meminimalkan risiko pakaian pelanggan tertukar maupun tercampur dengan pelanggan lainnya. Hal itulah yang membuat layanan laundry ini banyak disukai.

2. Biaya operasional lebih terjangkau

Layanan mandiri pada laundry koin membantu pemilik usaha lebih menghemat anggaran untuk menggaji karyawan. Sebab, laundry koin memungkinkan dapat beroperasi dengan sedikit pegawai dibandingkan laundry biasa. Untuk menjalankan outlet laundry koin, umumnya hanya membutuhkan satu karyawan yang berperan sebagai kasir.

3. Lebih mudah dijalankan

Dibandingkan jenis laundry biasa, laundry koin cenderung lebih mudah dioperasikan. Pemilik laundry hanya perlu menyediakan fasilitas berupa mesin cuci, mesin pengering, hingga perlengkapan laundry lainnya seperti deterjen, pelembut, dan sebagainya.

Kekurangan Laundry Koin

Meski menawarkan berbagai keuntungan, laundry koin juga tak luput dari sejumlah kekurangan, di antaranya.

1. Modal awal lebih mahal

Untuk memulai usaha laundry koin memerlukan modal yang tak sedikit. Pasalnya, harga mesin laundry koin terbilang mahal dibandingkan mesin cuci biasa, yakni mencapai Rp30 juta per unitmya. Sebagai solusinya, Anda bisa memanfaatkan paket usaha laundry koin maupun franchise laundry koin yang menawarkan opsi harga sesuai kebutuhan bisnis. 

2. Biaya perawatan mesin cukup besar

Mesin laundry koin juga memerlukan perawatan dengan biaya yang tak sedikit. Biasanya biaya perawatan tersebut mencakup penggantian suku cadang, pembersihan mesin, dan pengecekan rutin untuk memastikan kinerjanya tetap optimal.

Berapa Harga Laundry Koin Per Kg?

Biaya laundry koin umumnya ditentukan berdasarkan harga per koin. Perlu Anda ketahui bahwa 1 koin laundry dijual dengan kisaran harga antara Rp10.000 hingga Rp15.000. 

Namun, beberapa penyedia jasa laundry koin memberlakukan sistem kiloan dengan harga mulai dari Rp3.000 hingga Rp4.000 per kilogram. Untuk memastikan biaya laundry koin, Anda bisa mendatangi penyedia laundry self service terdekat. Dengan begitu, Anda mengetahui rincian tarif layanan lebih detail dan bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Bagaimana Cara Laundry Koin?

Ilustrasi memasukkan koin pada mesin cuci. Foto: Pexels.com

Jika Anda baru pertama kali menggunakan jasa laundry koin, berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan.

1. Pisahkan pakaian berdasarkan warna dan jenis kain

Sebelum mencuci, pastikan Anda sudah memisahkan pakaian berdasarkan warna dan jenis bahan kain. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalkan kerusakan pada pakaian.

2. Masukkan pakaian ke dalam mesin cuci

Berikutnya, masukkan pakaian yang sudah dipisahkan ke dalam mesin cuci dan tambahkan deterjen sesuai kebutuhan.

3. Masukkan koin

Lalu, masukkan koin ke tempatnya untuk memulai proses mencuci pakaian.

4. Atur suhu air dan tunggu proses mencuci selesai

Mesin cuci laundry koin biasanya dilengkapi dengan pengaturan suhu air. Gunakan suhu air sesuai dengan kebutuhan Anda. Tekan tombol ‘Start’ dan tunggu proses mencuci selesai. Nantinya, mesin cuci akan berbunyi ketika pakaian selesai dicuci.

5. Keringkan pakaian

Setelah mencuci pakaian selesai, segera keluarkan dari mesin cuci dan keringkan dengan suhu sesuai jenis bahan kain. Biasanya, proses pengeringan pakaian memerlukan waktu 20 menit.

7. Setrika pakaian

Apabila pakaian sudah benar-benar kering, Anda bisa langsung menyetrikan tanpa perlu menjemurnya di bawah sinar matahari. Sebab, pengeringan pakaian melalui mesin pengering umumnya tak perlu proses penjemuran untuk membuat kondisinya benar-benar kering. Oleh karena itu, menyetrika pakaian setelah pengeringan bisa mengefektifkan proses laundry.

Kesimpulan

Keberadaan laundry koin merupakan salah satu inovasi jasa yang memungkinkan pelanggan memaksimalkan kepuasan dalam merawat pakaian pribadi. Tak hanya itu, hadirnya laundry koin memberi kenyamanan dan keamanan bagi pelanggan karena terdapat kebebasan tanggung jawab penuh atas cucian masing-masing.

Memahami tata cara laundry koin penting untuk memproses pakaian agar tak terjadi hal yang dihindari. Anda bisa menerapkan beberapa langkah di atas ketika mencuci di jasa laundry koin untuk memaksimalkan proses merawat pakaian pribadi. Dengan demikian, Anda bisa menggunakan layanan laundry koin tanpa khawatir terjadi kerusakan pada pakaian.