Laundry Linen Hotel: Definisi hingga Kisaran Harga Layanan

Smartlink

Ilustrasi linen di perhotelan. Foto: Pexels.com

Menjaga kenyamanan tamu merupakan prioritas bagi setiap bisnis hotel. Salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut, yakni menerapkan perawatan linen hotel yang berkualitas. Kondisi itu secara tak langsung memunculkan inovasi layanan laundry linen hotel agar kenyamanan tamu bisa ditingkatkan.

Untuk mengetahui informasi seputar laundry linen hotel, simak pembahasan berikut selengkapnya. 

Apa Itu Linen Hotel?

Bagi Anda yang masih kurang familier dengan linen hotel, ada baiknya untuk memahami definisinya terlebih dahulu. Linen hotel merupakan produk hotel yang berbahan kain. Umumnya, produk tersebut berkaitan dengan karyawan maupun tamu hotel.

Linen hotel biasanya terdiri dari beberapa jenis, yakni linen Food & Beverages, linen housekeeping, linen seragam, hingga peralatan berupa kain untuk membersihkan komponen layanan hotel. Adapun linen Food & Beverages merupakan bahan kain yang digunakan untuk penyediaan makanan dan minuman, misalnya penutup kursi, taplak meja, alas piring, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, linen housekeeping adalah bahan kain yang berkaitan dengan kebutuhan tamu selama menginap di hotel, di antaranya bedcover, sarung bantal, handuk, selimut, dan sebagainya.

Untuk linen seragam, umumnya mencakup pakaian yang digunakan oleh karyawan hotel. Sedangkan linen peralatan untuk membersihkan komponen layanan hotel mencakup kain pel, dust cloth, glass cloth, rug, lobby duster dan sejenisnya.

Oleh karena linen hotel merupakan bagian penting dalam meningkatkan kenyamanan tamu, perawatannya juga tak bisa sembarangan. Inilah mengapa, laundry linen hotel menjadi bagian tak terpisahkan untuk mewujudkan pelayanan terbaik bagi para tamu hotel.

Pengertian Laundry Hotel

Ilustrasi laundry hotel. Foto: Pexels.com

Laundry hotel dapat dipahami sebagai layanan pencucian dan perawatan semua jenis linen yang digunakan dalam menunjang operasional hotel. Keberadaan laundry hotel memiliki berbagai manfaat, seperti mempertahankan kebersihan, mengoptimalkan kualitas linen, membangun branding hotel hingga pemenuhan standar kebersihan dan kesehatan.

Kebutuhan untuk menjaga kebersihan tersebut secara tak langsung memunculkan bagian khusus yang mengatur proses pencucian hingga pengeringan cucian.  Sebagian besar hotel memiliki departemen atau divisi tersendiri (laundry section) untuk mencuci bahan linen. 

Laundry section adalah salah satu bagian housekeeping yang bertanggung jawab terhadap seluruh pencucian linen milik tamu hingga seragam karyawan hotel. Biasanya, bagian laundry hotel memiliki struktur operasional yang memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing, di antaranya:

1. Laundry manager

Laundry manager bertugas mengatur seluruh kegiatan proses pencucian bahan linen.

2. Asisten laundry manager

Posisi ini membantu laundry manager dalam memantau operasional laundry.

3. Laundry supervisor

Laundry supervisor merupakan orang yang bertugas merencanakan seluruh kegiatan operasional laundry untuk posisi di bawahnya.

3. Checker laundry

Bagian yang satu ini memeriksa seluruh cucian tamu hotel sebelum proses mencuci dimulai. 

4. Marker laundry

Marker laundry adalah staf yang bertugas memberi tanda untuk setiap jenis cucian agar terhindar dari risiko tertukar. Umumnya, penanda cucian tersebut meliputi nomor kamar, tanggal, hingga kode unik.

5. Sorterer laundry

Seperti namanya, sorterer laundry bertugas memisahkan cucian tamu berdasarkan jenis bahan, bentuk cucian, tingkat kotoran dan noda, bahkan warna cucian.

6. Washer laundry

Washer laundry bertanggung jawab melaksanakan pencucian hingga pemerasan cucian.

7. Presser dan mangler laundry

Presser laundry adalah seseorang yang bertugas melicinkan atau menyetrika pakaian menggunakan mesin presser. Sementara itu, mangler laundry adalah orang yang bertugas memutar mesin presser.

8. Finisher laundry

Seluruh tahap akhir pencucian berbagai jenis linen hotel dikerjakan oleh finisher laundry.

Harga Laundry Linen Hotel

Meski sebagian besar hotel memiliki laundry section, tak sedikit pula yang memanfaatkan jasa laundry hotel terdekat untuk memastikan bahan linen terawat dengan maksimal. Tarif layanan jasa cuci linen hotel juga cukup beragam, bergantung pada jenis cucian, tingkat kotoran dan noda, dan berbagai faktor lainnya.

Berdasarkan hasil penelusuran Smartlink, harga laundry linen hotel cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp10 ribu untuk bedcover berukuran kecil. Sementara itu, tarif laundry bedcover berukuran sedang hingga besar mulai dari Rp15 ribu hingga Rp20 ribu. 

Pun demikian untuk pencucian selimut berukuran kecil hingga besar yang dibanderol dengan harga serupa. Sedangkan tarif untuk mencuci linen jenis pakaian mulai dari Rp8 ribu per potong.

Adapun untuk harga laundry linen lainnya seperti taplak meja, penutup kursi, dan berbagai jenis linen serupa lainnya juga cukup terjangkau, yakni berkisar mulai dari Rp8 ribu per satuannya.

Harga binatu untuk linen hotel di atas bisa saja berbeda. Selain beberapa faktor yang sudah disebutkan sebelumnya, kecepatan dan kualitas hotel secara tidak langsung juga memengaruhi layanan laundry di dalamnya.

Kesimpulan

Laundry linen hotel merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam peningkatan kualitas layanan. Itulah sebabnya, aspek laundry menjadi hal yang penting untuk menjaga kenyamanan tamu hotel. Karena alasan itu pula, banyak hotel yang menyediakan fasilitas laundry sendiri atau memanfaatkan jasa binatu eksternal yang mengkhususkan layanan laundry hotel.

Tak hanya terkait dengan kenyamanan tamu, laundry linen hotel juga berkaitan dengan reputasi hotel itu sendiri. Sebab, linen yang bersih, segar, dan berkualitas tinggi adalah salah satu faktor yang dapat membedakan hotel dari pesaing dan menciptakan pengalaman positif dari setiap pengunjung.